-->

Update

Tag Terpopuler

10 Nasi Goreng Dari Berbagai Negara

13 April 2013 | 05:00 WIB Last Updated 2017-10-28T19:18:10Z

10 Nasi Goreng Dari Berbagai Negara

10 Nasi Goreng Dari Berbagai Negara - Nasi goreng adalah sebuah makanan berupa nasi yang digoreng dan diaduk dalam minyak goreng atau margarin, biasanya ditambah kecap manis, bawang merah, bawang putih, asam jawa, lada dan bumbu-bumbu lainnya, seperti telur, ayam, dan kerupuk. Ada pula nasi goreng jenis lain yang dibuat bersama ikan asin yang juga populer di seluruh Indonesia.

Nasi goreng juga dikenal sebagai masakan nasional Indonesia. Dari sekian banyak hidangan dalam khazanah Masakan Indonesia, hanya sedikit yang dapat dianggap sebagai makanan nasional sejati. Masakan nasional Indonesia ini tidak mengenal batasan kelas sosial. Nasi goreng dapat dinikmati secara sederhana di warung tepi jalan, gerobak penjaja keliling, hingga restoran dan meja prasmanan dalam pesta.

Pada tahun 2011, sebuah polling Internet yang diadakan oleh CNN International dan diikuti oleh 35.000 orang menempatkan Nasi Goreng pada peringkat dua dalam daftar '50 Makanan Terlezat di Dunia' setelah rendang.

1. Indonesia
Banyak variasi dan versi rasa yang biasa dimasak, contohnya nasi goreng ikan asin, nasi goreng teri, nasi goreng udang, nasi goreng kambing, nasi goreng sapi, nasi goreng ayam dan masih banyak lagi. Banyaknya variasi jenis nasi goreng yang dapat ditemukan di Indonesia merupakan ekspresi kreativitas masyarakat Indonesia dalam meracik kreasi jenis kuliner ini dengan aneka cita rasa, baik dari pengaruh bahan dasar lokal maupun pengaruh cita rasa masakan Internasional.

2. Malaysia
Nasi goreng Malaysia hampir sama dengan nasi goreng Indonesia. Baik dari segi rasa, tekstur maupun variasi hidangan. Namun, nasi goreng Malaysia selalu menyisipkan sayuran, seperti kacang panjang, buncis atau wortel di dalamnya.

3. Singapura
Nasi goreng Singapura juga memiliki rasa yang hampir sama dengan nasi goreng Indonesia. Namun, nasi goreng Singapura lebih terkesan sederhana dan tidak ada hiasan yang berarti. Biasanya nasi goreng Singapura selalu berisi kacang polong sebagai pendampingnya yang juga akan menambah kelezatan nasi goreng ini.

4. Thailand
Nasi goreng merupakan makanan yang sangat populer di Thailand dan juga memikat lidah pecinta kuliner untuk mencicipinya. Hal ini merupakan hal yang wajar karena Thailand memiliki kualitas beras yang sangat baik. Beras yang dipakai adalah beras Jasmin, dan nasi goreng yang paling terkenal adalah Khao Phat Kai.

5. China
Nasi goreng di China dikatakan sebagai makanan olahan sampah. Hal ini dikarenakan mereka memanfaatkan sisa-sisa sayuran untuk membuat nasi goreng. Nasi goreng paling sering dibuat pada akhir bulan, dimana mereka menghabiskan stok sayuran atau daging untuk membuat nasi goreng ini. Rasanya sendiri tidak jauh berbeda dengan nasi goreng Thailand, tapi biasanya kualitas beras yang digunakan sedikit berbeda.

6. Jepang
Nasi goreng di Jepang yang dikenal dengan nama "Yaki Meshi". Nasi goreng tidak begitu populer di Jepang, karena ada banyak sekali olahan nasi yang lebih praktis seperti onigiri. Biasanya nasi goreng di Jepang ini disajikan dalam porsi yang kecil saja.

7. Korea selatan
Biasanya nasi goreng Korea akan menggunakan jagung sebagai tambahan pelengkapnya. Sama seperti di Jepang, nasi goreng tidak terlalu populer di negara ginseng ini.

8. Turki
Nasi goreng Turki mendapat pengaruh dari Eropa dan Timur Tengah. Oleh karena itu biasanya nasi goreng Turki terdapat campuran rempah-rempah dalam bumbunya, serta dihiasi dengan keju untuk pelengkapnya.

9. Jerman
Di negara ini nasi goreng dikenal dengan nama "Gebratener Reis". Hidangan ini merupakan salah satu favorit bagi warga Jerman dan banyak dijual di kedai-kedai makanan disana. Ciri khas nasi goreng Jerman yaitu, telur yang selalu disimpan tengah-tengah nasi.

10. Amerika serikat
Nasi goreng Amerika Serikat biasanya menggunakan beras dari Thailand, karena nasi goreng ini pertama kali dibawa oleh prajurit Amerika Serikat yang bertugas di Thailand. Nasi gorengnya sendiri selalu dihias sedemikian rupa agar menggugah selera. Selain itu nasi goreng ala Amerika ini biasanya dibumbui dengan saus, bukan dengan kecap.

Nah, itulah 10 Nasi Goreng Dari Berbagai Negara semoga menambah wawasan anda