Indeks Artikel

10 Hewan Paling Mematikan di Dunia

Senin, Juni 03, 2013 12:16 WIB
Anda mungkin berpikir bahwa beberapa hewan yang disebutkan berikut ini tidaklah berbahaya, bahkan dapat dikatakan baik. Tetapi terkadang bahkan hewan paling 'baik'-pun dapat menjadi berbahaya. Berikut 10 hewan paling mematikan di dunia.
 
10. Poison Dart Frog
Merupakan hewan asli hutan hujan Amerika Selatan yang aktif di siang hari, dengan karakteristik tubuhnya yang penuh warna dan cerah. Walaupun berukuran kecil (kebanyakan hanya sekitar 1 inci), tetapi mereka dipertimbangkan sebagai salah satu kodok paling beracun di dunia.

Jika terancam, mereka akan mengeluarkan lendir beracun pada tubuh mereka yang dapat membunuh 10 manusia. Bahkan, penduduk lokal menggunakan racun mereka untuk berburu.
 
9. Komodo
 
Dikenal juga sebagai Komodo Dragon, dapat ditemukan di Pulau Komodo, Indonesia. Merupakan kadal terbesar dengan gigitan yang sangat mematikan. Dengan ukurannya yang besar, tentu ukuran gigitannya juga akan mematikan. Walaupun mangsanya dapat kabur dan terlepas dari gigitannya, mangsanya tidak akan dapat bertahan lama karena bakteri mematikan yang terdapat di air liur hewan Komodo ini.
Walaupun hewan ini sangat mematikan, tingkat kematian manusia yang disebabkan olehnya, hanya sedikit. Tapi ini mungkin karena fakta hanya sedikit manusia yang berani berada di dekatnya.
 
8. Lalat Tsetse
 
Lalat tsetse dipertimbangkan sebagai hewan paling mengganggu dan mematikan di Afrika. Alasannya adalah karena kemampuannya membawa penyakit mematikan yang disebut sleeping sickness dan nagana. Sleeping sickness adalah penyakit parasit yang dapat mengenai manusia dan menyebabkan rasa ngantuk dan injeksi parasit oleh lalat ini, sedangkan nagana adalah penyakit yang mengenai hewan.
Penyakit 'sleeping sickness' dapat berbahaya jika dibiarkan, tetapi obat sekarang ini dapat menyembuhkannya cukup baik jika diketahui. Salah satu teknik untuk membunuh lalat ini adalah membunuh makanan utamanya, yakni hewan ternak.
 
7. Kuda Nil
Kuda nil biasanya ditemukan di Afrika dan bertanggung jawab atas kematian manusia lebih banyak daripada hewan besar lainnya. Kuda Nil Betina dan Jantan memiliki alasan yang berbeda atas penyerangannya. Seekor kuda nil jantan memiliki keinginan besar untuk melindungi wilayahnya, sedangkan si betina melindungi anak-anaknya, dan mereka cukup agresif terkait hal ini.
Senjata mematikan dari kuda nil ini tentu adalah mulutnya yang beasr, mulutnya dapat disetarakan dengan tenaga penghancur yang jauh melebihi palu, bahkan dapat menghancurkan semangka dengan mudah.
 
6. Ikan Hiu Putih (Great White Shark)
Mungkin Anda sudah sering mendengar ikan hiu ini terkait atas serangan mematikannya. Tetapi, pada kenyataannya, Hiu ini tidak menyerang manusia dengan alasan keganasan, melainkan keingintahuan mereka yang menggigit segala yang mereka ingin tahu. Biasanya begitu mereka menggigit manusia, mereka akan kabur, tapi sayangnya gigitan pertama inilah yang membunuh manusia.
Dengan sekitar 3.000 (tiga ribu) gigi mereka yang tajam, tentu hal tersebut akan mematikan. Ada yang mengatakan, begitu mereka merasakan daging manusia sekali, mereka akan suka dengan rasanya.
 
5. Buaya Air Asin (Saltwater Crocodile)
Merupakan reptil terbesar di dunia, buaya ini sangat berbahaya yang setiap tahunnya membunuh ratusan orang, tepatnya 800. Hidup di sepanjang tropis Afrika, Asia, Amerika dan Australia pada sungai dan danau. Jika kita membicarakan buaya saja bukan buaya air asin, maka kematian yang disebabkan adalah sekitar 2.000 (dua ribu) orang setiap tahunnya.
Mereka terkenal karena teknik membunuhnya yang disebut 'death roll' dimana begitu mereka menggigit mangsanya, mereka akan berputar yang menyebabkan daging mangsanya terkoyak-koyak.
 
4. Carpet Viper
Jika kita membicarakan hewan mematikan, tentu ular pasti salah satu di dalamnya. Walaupun mungkin Carpet Viper bukan yang paling beracun, tetapi ia yang menyebabkan banyak kematian di dunia karena gigitan ular.
Racunnya menyebabkan mangsanya berdarah hingga mati karena dari daerah gigitannya darah akan terus mengalir tanpa henti. Walaupun kemampuan medis sekarang ini dapat mencegah hal tersebut, sayangnya kejadian gigitan ular ini sering terjadi di daerah dengan fasilitas medis yang kurang.
 
3. Ubur-Ubur Kotak Australia
Walaupun kita membicarakan mengenai Ubur-Ubur Kotak Australia, pada kenyataannya kebanyakan ubur-ubur kotak memang mematikan. Tapi ubur-ubur kotak Australia adalah salah satu hewan laut paling mematikan yang diketahui manusia. Dapat ditemukan di lautan Australia dan kawasan Indo-Pasifik.
Setiap sengatannya adalah beracun, yang apabila setiap tentakelnya digabungkan dapat membunuh sekitar 50 manusia. Sengatannya dapat memberikan rasa terbakar yang sangat menyakitkan. Bahkan dikatakan setiap tahunnya ada sekitar 100 kematian dengan kematian lain yang tidak dilaporkan dengan alasan agar tidak menakutkan wisatawan.
 
2. Brazilian Wandering Spider
 
Disebut juga sebagai Laba-laba Pisang (Banana Spiders), mereka dikatakan adalah laba-laba paling beracun di dunia. Dapat ditemukan di kawasan tropikal Amerika Selatan, dengan satu spesiesnya dapat ditemukan di Amerika Pusat. Walaupun mereka sangat mematikan, hanya sedikit kematian yang disebabkan oleh mereka.
Walaupun ukurannya tidak dapat dikatakan besar, jangan tertipu dengan ukuran mereka. Racun mereka 18 kali lebih mematikan dari laba-laba Black Widow, begitu terkena maka akan menyebabkan rasa sakit yang luar biasa. Bagi kaum Pria, akan menyebabkan efek samping yang cukup aneh dan memalukan, yakni ereksi yang menyakitkan.
 
1. Nyamuk
Walaupun bentuknya kecil, ia sering dikatakan sebagai hewan paling mematikan. Nyamuk diperkirakan telah menyebabkan kematian sekitar 700 juta orang dengan setiap tahunnya 2 sampai 3 juta orang meninggal karenanya.
Alasan mengapa serangga ini mematikan adalah karena penyakit yang disebabkannya, yakni malaria, elephantiasis, yellow fever, west nile virus.

Sumber