Indeks Artikel

7 Angin Topan Paling Kuat Di Dunia

Sabtu, November 30, 2013 05:00 WIB

7 Angin Topan Paling Kuat Di Dunia


7 Angin Topan Paling Kuat Di Dunia - Setiap tahun, bumi ini sering dilanda bencana alam baik itu gempa bumi, tsunami, topan dan sejenisnya. Sebagian besar negara terutama di daerah tropis, setiap tahunnya sering dilanda bencana alam angin topan.

Topan dan badai memang bisa meratakan semuanya jadi tanah hanya dalam satu hari saja, bahkan menyebabkan kehilangan harta benda dan banyak korban jiwa akibat bencana alam ini. Dan berikut 7 Angin Topan Paling Kuat Di Dunia.


7. Topan Saomai


Topan Saomai
(images: gearthblog)


Topan Saomai juga melanda Cina dan Taiwan yang menghancurkan lebih dari 1.000 rumah dan 100 orang terluka. Topan Saomai memiliki kecepatan 135 mil per jam dan tercatat menjadi angin topan paling kuat sejak 1949 yang melanda Cina. Dikatakan 458 orang tewas dan menyebabkan kerusakan senilai Rp 28,7 triliun akibat bencana alam ini.


6. Topan Megi


Topan Megi
(images: transworld.net)

Ivan Cabrera, seorang ahli meteorologi CNN, menyatakan bahwa Topan Megi adalah salah satu angin topan paling kuat yang pernah terjadi di planet ini sejak tahun 2005. Topan ini tercatat memiliki kecepatan 225 kilometer per jam. Pada tahun 2010 Topan Megi pernah menghantam negara Filipina.


5. Topan Ida


Topan Ida
(images: Wikipedia)

Topan Ida terjadi pada 24 September tahun 1960 di Jepang dengan kecepatan 115 mil per jam dan menyebabkan 700 orang hilang dan 300 orang tewas. Salah satu angin topan paling kuat ini menyebabkan kerusakan yang sangat parah di seluruh tanah Jepang.


4. Topan Kenna


Topan Kenna
(images: Wikipedia)

Topan Kenna tercatat menjadi angin topan paling kuat ke-3 yang menghantam pantai Meksiko. Topan Kenna terjadi pada 25 Oktober 2002 dengan kecepatan 140 mil per jam dan merusak banyak properti bernilai Rp 1,1 triliun.


3. Topan Katrina


Topan Katrina
(images: katrina.noaa.gov)

Topan Katrina terjadi pada bulan Agustus tahun 2005 di Louisiana dan Mississippi. Topan ini tercatat angin topan paling kuat kedua yang pernah melanda Amerika Serikat. Tercatat 1.833 jiwa melayang dan kerusakan yang parah akibat topan mengerikan ini.


2. Topan Cora


Topan Cora
(imgaes: tiptoptens)

Topan Cora memiliki kecepatan mencapai 175 mil per jam yang menyebabkan banyak kerusakan dan korban jiwa. Topan Cora terjadi di Timur Utara Cina dan Korea Selatan.


1. Topan Tip


Topan Tip
(images: Wikimedia)

Pada tanggal 12 Oktober 1979, Topan Tip menghantam Guam dan Jepang dengan kecepatan yang mencapai 190 mil per jam. Sekitar 100 orang tewas dan biaya akibat kerusakan yang tidak diketahui. Dengan diameter 1.380 mil, Topan Tip tercatat sebagai angin topan paling kuat yang pernah terjadi di planet ini.

Nah, itulah 7 Angin Topan Paling Kuat Di Dunia semoga menambah wawasan anda.

Sumber Artikel