banner here

8 Danau Berwarna Pink Yang Mirip di Negeri Dongeng

- May 10, 2014
advertise here
Percaya atau tidak percaya tapi yang jelas danau berwarna pink ini benar-benar ada. Bisa jadi jika melihat danau yang berwarna pink ini akan membuat kita serasa berada di negeri dongeng. Sebenarnya danau yang berwarna-warni, termasuk juga danau pink terjadi karena alga yang menghasilkan carotenoids (pigmen), seperti contohnya alga Dunaliella salina. Kadar garam yang terdapat pada danau juga ikut memengaruhi warna danau. Di dunia ini setidaknya ada 8 Danau Unik yang Memiliki Warna Pink. Kita simak daftarnya di bawah ini. 

1. Hutt Lagoon, Australia 
8 Danau Berwarna Pink Yang Mirip di Negeri Dongeng
Cukup mudah mengunjungi danau pink Hutt Lagoon ini, karena ada kota kecil Gregory yang terletak antara danau dan lautan. Danau ini cukup panjang yakni 14 kilometer.
2. Field of Pink Lakes, Australia 
Sepertinya Australia paling banyak memiliki danau pink di dunia. Yang terakhir ini paling unik, yaitu sekumpulan danau pink yang tersebar sehingga dijuluki ladang danau pink. Lokasinya ada di antara Esperance dan Caiguna.
3. Lake Hillier, Australia 
Danau pink yang sangat indah ini berlokasi di Middle Island, Australia Barat. Panjangnya sekitar 600 meter. 
4. Masazirgol, Azerbaijan 
Sebagai danau pink dengan kandungan garam yang sangat tinggi, Masazir Lake di Qarada raion ini dimanfaatkan oleh petani garam setempat. Diperkirakan garam yang terkandung di dalamnya sebanyak 1.735 juta ton siap untuk ditambang.
5. Lake Retba, Senegal
Lake Retba terletak di Cap Vert peninsula, timur laut Dakar. Danau ini juga memiliki kadar garam yang sangat tinggi seperti di Laut mati. 
6. Pink Lake, Australia 
Pink Lake yang satu ini juga ada di Benua Kangguru tepatnya Goldfields-Esperance, Australia Barat. Tempat ini juga sebagai reservasi burung-burung. Birdlife International menobatkannya sebagai Important Bird Area (IBA).
7. Salina de Torrevieja, Spanyol
Danau pink di Spanyol ini menjadi danau garam terbesar di benua Eropa. Dengan kandungan garam yang tinggi seperti danau di Senegal dan Laut Mati di Israel, danau Salina de Torrevieja ini sering dikunjungi wisatawan. Mandi di danau ini sehat bagi kulit dan paru-paru. WHO pun mengakuinya sebagai salah satu lokasi paling sehat di Eropa.
8. Dusty Rose Lake, Canada
Nah kalau danau pink ini berlokasi di Britiash Columbia, Kanada. Yang unik, di danau Dunaliella salina ini justru tidak mengandung garam sama sekali serta alga, nyatanya tetap berwarna pink. Menurut para ahli, warna di danau ini terjadi karena komposisi unik kandungan zat pada bebatuan di dalamnya.
Nah, itulah beberapa danau unik yang berwarna pink yang ada di dunia ini.

sumber: http://unik-aneh-seru.blogspot.com/
Advertisement advertise here
 
banner here