-->

Update

Tag Terpopuler

Menguak Misteri Dibalik Rumah Kentang

27 September 2014 | 10:52 WIB Last Updated 2017-12-28T20:40:01Z

Para makhluk penghuni dunia gaib memang pada umumnya berdiam di suatu tempat yang tidak berpenghuni, apalagi rumah tersebut sudah puluhan tahun lamanya tidak dihuni oleh siapa-siapa, maka tempat itu akan menjadi tempat paling disukai oleh makhluk gaib. Apalagi jika dirumah itu tidak ditinggali karena bekas pembunuhan atau kejadian serupa, maka lebih muncul sebuah rasa takut jika berada di rumah kosong tersebut. Salah satu yang menjadi pembicaraan paling hangat dan populer adalah sebuah rumah yang dinamai dengan nama Rumah Kentang.

Cukup banyak masyarakat yang bercerita bahwa rumah yang disebut sebagai rumah kentang adalah sebuah rumah yang sarat dengan keangkeran dan banyak ditemukan sosok hantu yang sangat menyeramkan didalamnya. Ada salah satu cerita juga yang menyebutkan kalau julukan rumah kentang tersebut diberi, karena dulu, ada seorang anak dari penghuni di rumah itu mati mengenaskan, karena tercebur ke dalam kuali yang dipakai untuk merebus kentang, sehingga arwah dari anak itu kini bergentayangan.

Namun ada juga beberapa orang yang mengatakan kalau bau kentang itu berasal dari sosok makhluk yang disebut genduruwo yang berdiam di rumah tersebut. Rumah kentang ini sendiri terletak di kawasan Pondok Ranji, daerah Ciputat. Setiap tengah malam, cukup banyak orang yang tidak ingin melewati jalan dekat rumah itu, karena konon katanya sering diganggu oleh makhluk yang mendiami rumah angker tersebut.

Mereka sesekali menampakkan dirinya, dengan sosok yang amat menyeramkan, kadang juga orang orang hanya mendengarkan suara tangisan serta bau kentang rebus yang amat sangat menyengat.

Kadang juga menurut orang sekitar, banyak juga yang melintasi jalan dekat rumah kentang dan tiba – tiba mengalami kecelakaan bahkan korban kecelakaan tersebut sampai ada beberapa yang tewas, namun ada juga beberapa yang luka-luka, dan mereka mengaku melihat sosok besar mengerikan menghalangi dan mengganggu perjalanan mereka sehingga tanpa sadar mereka celaka atau menabrak sesuatu.

 
Rumah Kentang the Movie
Cerita ini memang menjadi sebuah fenomena, bahkan salah satu sutradara terkenal bernama Jose Puernomo mengangkat kisah seram ini dalam sebuah layar lebar. Seluruh adegan syuting dalam film itupun berdasarkan dari mitos dan cerita masyarakat sekitar, dan adegan syuting juga dilaksanakan di rumah kentang tersebut, agar kesan angkernya menjadi semakin terasa. Tak heran, jika para kru pendukung dan pemain film itu sering mendapat gangguan dari makhluk gaib penunggu rumah tersebut.

Memang, dalam waktu belakangan ini, kisah-kisah seram yang menjadi fenomena di masyarakat kerap dijadikan inspirasi atau ide untuk pembuatan sebuah film. Bahkan para kreator film cukup berani untuk mengikutsertakan ‘tokoh’ seram yang menjadi bahan perbincangan dalam cerita cerita urban legend tersebut. Sebut saja kisah suster ngesot yang sukses beberapa waktu lalu.

Fenomena misterius dari rumah kentang Dharmawangsa memang sudah terdengar sejak lama. Menurut ceritanya, dulu kalau di rumah yang berlokasi di jalan Dharmawangsa, Jakarta Selatan ini, pernah terjadi peristiwa anak kecil yang terjatuh ke dalam kuali yang sedang digunakan untuk merebus kentang hingga tewas.

Tapi ada pula yang mengatakan kalau dirumah itu terdapat seorang anak kecil yang sangat nakal, saking nakalnya, maka  seorang pembantu dirumah itu tidak tahan melihatnya, ketika si pembantu rumah tersebut sedang merebus kentang di kuali yang besar, Ia lalu dengan sengaja menjatuhkan anak itu ke dalam kuali dan memutilasinya untuk dihidangkan, dalam acara pesta dirumah itu, lalu orangtuanya memakan daging anaknya sendiri. Sejak saat itulah rumah tersebut kadang beraroma kentang sekaligus terdengar suara hantu anak kecil.

Demikian sedikit kisah dibalik rumah kentang semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan para pembaca.