-->

Update

Tag Terpopuler

Danau Berdarah: Kisah Kelam Laguna Yahuarcocha, Ekuador

15 Agustus 2015 | 10:08 WIB Last Updated 2018-01-06T01:02:48Z

Laguna Yahuarcocha, yang berarti danau darah dalam bahasa Kicwa adalah sebuah danau keramat di Ekuador. Danau ini merupakan lokasi pembantaian berdaeah sebagai akibat dari pemberontakan penduduk local terhadap kekuasaan Inca. Laguna Yahuarcocha, yang juga disebut Yawarkucha, terletak sekitar 3 kilometer sebelah utara Kota Ibarra. Bertengger di ketinggia 2190 meter diatas permukaan laut, lokasi ini adalah salah satu tempat wisata di wilayah ini. Diperkirakan danau ini berumur 12.000 tahun sebagai hasil dari pencairan gleser di masa lalu. 

Danau Yahuarcocha dari San Miguel Mirador, Ibarra, Ekuador

Lokasi ini disebuy Danau Berdarah dikarenakan memiliki sejarah sebagai lokasi pertempuran kuno antara orang Inca yaitu Huayna-Capac (Raja ke-11 dari Inca) dan penduduk local terakhir yang membangkang yang dikenal sebagai persatuan Caranqui-Cayambe-Pasto. Dimana sebelum penaklukan Inca di akhir abad ke-15, lokasi ini merupakan wilayah Kerajaan Quito (saat ini Ekuador) yang memiliki beberapa suku berdasarkan bahasa antara lain Pasto, Otavalo-Caranqui and Cayambe.

Huayna Capac, digambar oleh Felipe Guaman Poma de Ayala

Benteng Inca, dibangun pada waktu sekitar pertempuran ini terjadi, telah ditemukan beberapa waktu yang lalu, benteng ini dibangun dekat dengan gung api kuno Pambamarca. Penemuan ini menyediakan para arkeolog bukti bahwa telah terjadi perang oleh Inca sebelum kedatangan Penakluk Spanyol. Dua puluh benteng telah diidentifikasi dibangun oleh Inca dan dua oleh Cayambe. Bukti menunjukkan bahwa terdapat tapal batas kuno antara Benteng Inca dan Benteng Penduduk Lokal Cayambe.
Penemuan ini memberikan bukti arkeologis untuk mendukung legenda Danau Yahuarcocha, yang diceritakan orang Spanyol ketika mereka menginvasi Amerika Selatan selama  abad ke-16 dan 17. Berdasarkan kisah ini, penguasa Inca Huayna Capac berusaha menaklukan Cayambe dengan menggunakan kekuatan militer yang sangat kuat. Dia mengharapkan kemenenangan dapat diraih dengan cepat namun ternyata berakhir dengan perlawanan yang panjang dan berdarah.
Gerbang Barat dari Benteng Inca di Quitoloma. Saat ini sedang dalam penggalian dan perlindungan oleh para Arkeologis.
Pertempuran Yahuarcocha
Pertempuran berdarak di Yahuarcocha terjadi di tahun 1487. Penduduk Cayambe menyadari bahwa kekuaran mereka tidak akan mampu menghadapi pasukan Inca dalam pertempuran terbuka, selanjutnya mereka mengundurkan diri dan membuat pertahan di sebuah benteng yang sangat besar. Huayna Capac memerintahkan pasukannya untuk mengepung benteng itu dan membordardirnya terus menerus, Penduduk Cayambe memberikan perlwanan yang sengit dan memaksa pasukan Inca mundur dengan korban yang besar. Huayna Capac kemudian mengumpulkan pasukan yang besar untuk memastikan penaklukan total terhadap pemberontak itu. Pasukan Inca pada akhirnya berhasil memukul Pasukan Cayambe keluar dari pertahannya ke pinggir danau.

Pembantaian di Danau Yahuarcocha
Ketika Huayna Capac berhasil menaklukan suku-suku tersebut, dokumen sejarah mencatat bahwa dia memerintahkan pembantaian terhadap semua pria Caranqui yang berumur 12 tahun atau lebih dan membuat tubuh mereka ke danau Yahuarcocha yang membuat air danau menjadi merah dengan darah. Pasukan Inca diperintahkan untuk memotong tenggorokan musuh tanpa kasihan ketika mereka tertangkapdan membuang tubuhnya ke danau. Penelitian arkeologis terkini telah menemukan potongan keramik dan bagian-bagian tulang yang berasal dari orang dewasa dan remaja. Tulang-tulang ini menunjukkan terdapat bukti telah telah terjadi pertarungan yang fatal, namun hingga saat ini total kematian belum dapat ditentukan dengan pasti. Perkiraan para ahli sekitar 20.000 hingga 50.000 penduduk local dibuniu oleh Inca.


References
Jarus, Owen. "Ancient War Revealed in Discovery of Incan Fortresses." LiveScience. Accessed July 11, 2015. http://www.livescience.com/14370-incan-fortresses-ecuador-ancient-battles.html.
Masn, Susan. "A Local View at Laguna De Yahuarcocha." AFAR Media. http://www.afar.com/places/a-local-view-at-laguna-de-yahuarcocha.
"Ibarra History - Bloody Battles and Famous Ice Cream." ProEcuador. http://www.pro-ecuador.com/ibarra-history.html.
"Laguna Yahuarcocha: The Lake of Blood." ProEcuador. http://www.pro-ecuador.com/laguna-yahuarcocha.html.
Ruiz, Gabriela. "Yaguarcocha Lagoon. An Amazing Place in Ecuador." Yahuarcocha Lagoon. November 25, 2014. http://yahuarcochalagoon.blogspot.com/.