-->

Update

Tag Terpopuler

Kerajaan Mughal : Cikal Bakal India Modern

07 Januari 2016 | 21:49 WIB Last Updated 2018-01-06T01:01:44Z
Peradaban India menjadi salah satu panutan bagi bangsa lain terutama dalam bidang budaya. Kerajaan - kerajaan kuno India telah berdiri sebelum Masehi hingga era modern. Dimana masing - masing dinasti ini memiliki cerita tersendiri. Artikel ini akan membahas mengenai salah satu dari Kerajaan yang paling terkenal sepanjang sejarah India, yaitu Mughal.
Pada akhir dekade tahun 1400 - an, bangsa Mughal yang merupakan asli keturunan dari pemimpin Mongol Timur, diusir oleh orang Tatar yang juga dari Mongol agar meninggalkan wilayah Asia Tengah. Kemudian Bangsa Mughal secara beramai - ramai bergerak ke selatan dan menyerang India pada 1626. India Utara dapat ditaklukkan dengan mudah. Berikutnya, pada tahun 1600, mereka semakin memperluas kekuasannya dengan meyerang Dekka, di sebelah selatan India. Satu abad kemudian, seluruh India dapat dikuasai di bawah penguasaan Bangsa Mughal, kecuali wilayah ujung selatan India.
Walaupun Bangsa Mughal merupakan pemeluk agama Islam, tetapi kebanyakan penduduk India beragama Hindhu. Sementara itu di bagian India Utara, penduduknya merupakan penganut Hindhu Sikh yang didirikan oleh Guru Nanak pada awal tahun 1500 - an dan agama ini berpusat di Punjab. Kuil sucinya adalah Kuil Emas di Amritsar. Meskipun demikian, Bangsa Mughal merupakan bangsa yang toleran sehingga memberikan kebebasan dalam menjalankan agama masing-masing penduduknya.

Para raja Mughal senang menyewa seniman untuk melukis kisah dari karya sastra dan legenda. Mereka juga senang untuk mempelajari hewan dan tumbuhan. Setiap tahun bangsa Mughal akan pergi ke daerah Surat dan naik kapal ke Jeddah yang ada di Laut Merah, untuk menuaikan ibadah Haji. Nasi adalah makanan pokok kebanyakan orang India. Padi ditananm di Delta Sungai Gangga. Produksi kain katun adalah industri utama dari Kerajaan Mughal. Proses penenuan biasanya dilakukan oleh para perempuan.
Kerajaan Mughal menjalankan sistem perbankan yang efisien dengan memberikan kredit dalam bentuk koin emas dan perak pada pedagang Asia dan Afrika Timur. Harta berlimpah diperoleh dari perdagangan dengan Arab dan Eropa. Pertaniannya sangat maju, panen seral mereka lebih besar daripada Eropa, dan industri besi baja bermutu tinggi. Kerajaan ini juga mengekspor tekstil ke seluruh dunia.
Bangsa Mughal adalah arsitek dan pembangun yang hebat. Selama periode kejayaan mereka istana dan makam indah yang dikelilingi tanam dan kolam banyak dibangun, salah satunya adalah istana Taj Mahal yang terkenal karena menjadi simbol kesucian cinta. Istana ini adalah makam Raja Shan Janan dan istrinya.  Istana indah ini dibangun pada tahun 1630-an di Agra.  Pada tahun 1700-an Kerajaan Mughal diserang oleh orang Maratha Hindhu dari pantai barat. Perancis dan Inggris juga menyerbu. Tahun 1800, Inggris berhasil mengalahkan Perancis dan menguasai India.