Indeks Artikel

Sejarah Suku Hutan Di Riau

Minggu, Maret 13, 2016 20:29 WIB
Suku Dunia ~ Suku Hutan adalah salah satu kelompok masyarakat asli di Provinsi Riau. Daerah persebaran mereka terutama berpusat di beberapa daerah di Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Kampar.


Daerah kediaman mereka ini sering disebut daerah Sokop dan Sonde. Oleh sebab itu mereka juga dikenal dengan nama orang Sokop atau orang Sonde.

Secara fisik orang Hutan menunjukkan ciri-ciri ras Weddoid, yang diperkirakan datang ke Nusantara sesudah jaman es terakhir.

Berdasarkan data statistik tahun 1971, jumlah orang Sonde diperkirakan berjumlah sekitar 2.335 jiwa, diantara 422.929 jiwa penduduk Kabupaten Bengkalis dan 259.134 jiwa penduduk Kabupaten Kampar pada tahun yang sama.

Sebelum tahun 70-an, karena terbatasnya kontak masyarakat ini dengan dunia sekitar, sebagian masyarakat ini dengan dunia sekitarnya, sebagian masyarakat masih menggolongkan masyatakat ini sebagai "Suku Bangsa Terasing".

Mereka sudah semakin banyak menjalin hubungan dengan masyarakat di luar kelompoknya, misalnya mereka banyak pula yang bekerja sebagai buruh di pelabuhan-pelabuhan perdagangan. Mata pencaharian pokok orang Sonde adalah bercocok tanam.

Sumber : Ensiklopedi Suku Bangsa Di Indonesia oleh M. Junus Melalatoa