-->

Update

Tag Terpopuler

Penemuan Kota Kuno Harappa Di Lembah Sungai Indus

14 April 2016 | 06:38 WIB Last Updated 2018-01-06T01:00:20Z
Harappa adalah nama sebuah daerah yang ada di dalam Provinsi Punjab, Pakistan. Wilayah Harappa menjadi terkenal karena terdapat situs kota kuno di tempat ini. Kota kuno Harappa menjadi bagian dari kejayaan peradaban Lembah Sungai Indus di masa lalu selain kota Mohenjo Daro (baca artikel sebelumnya di http://www.sejarahdk.com/2015/08/mohenjo-daro-kota-metropolis-kuno-di.html). Di sebelah utara Harappa terdapat jalur lama Sungai Ravi yang sekarang telah bergeser 6 mil ke utara.
Harappa terletak di dekat Sungai Ravi, yang merupakan anak sungai dari Sungai Indus. Tana aluvial yang terdapat di sekitar sungai menjadikan daerah ini cocok untuk didirikan pemukiman atau rumah bagi penduduk. Pola perdagangan kota kuno ini juga didasarkan kepada kondisi sungai. Iklim yang kondusif, akses mudah ke rute perdagangan, sumber daya alam yang melimpah, serta lokasinya yang terletak di pinggiran Lembah Sungai Indus menjadikan Harappa memegang kekuasaan di seluruh peradaban Lembah Sungai Indus serta menjadi pintu masuk ke wilayah kota lainnya. Luas Kota Harappa sekitar 450.000 meter persegi, jauh lebih luas dibandingkan kota-kota kecil lainnya.

Situs Kota Kuno Harappa

Ada spekulasi yang menceritakan tentang sejarah beridirinya Harappa terkait dengan kekalahan bangsa Vrcivants oleh Abhyavartin Cayamana. Peristiwa tersebut dicatat sebagai Hari-Yupuya. Diyakini bahwa penduduk wilayah tersebut sebelumnya merupakan bangsa non-Arya yang kalah perang.  Dapat dikatakan bahwa situs ini menjadi tanda yang menyebutkan bahwa bangsa Arya berhasil mengatasi penduduk lokal dan menancapkan dominasi mereka.
Harappa pertama kali kembali ditemukan pada tahun 1826 M oleh James Lewis, seorang desertir tentara Inggris yang sedang menjelajahi daerah Punjab dan Utara-Barat India untuk mencari sisa-sisa barang kuno. Pada perjalanannya ke Multan ia menemukan Harappa. Lewis beranggapan bahwa kota ini berhubungan dengan kota Sangla (sebuah kota kuno berusia 1300 tahun penginggalan Alexander Agung,
Kemudian pada tahun 1831 CE, seorang utusan dari Raja William IV, yaitu Alexander Burnes, mencatat sisa-sisa kejayaan di Harappa saat bepergian dari Multan ke Lahore untuk memberikan hadiah kuda dari Raja Inggris untuk Ranjit Singh (pimpinan Kerajaan Sink yang ada di Punjab).

Catatan mereka diperhatikan oleh Alexander Cunningham, yang mengunjungi situs pada tahun 1853 dan 1856 M, sehingga penggalian kecil mulai terjadi pada tahun 1872 M. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Alexander Agung pernah memerintahkan untuk memblokade kota ini ketika penyerbuan wilayah India. Kota yang dekat Harappa adalah Kota Kamali yang mana Harappa terketak 16 mil kesebelah timur dari kota ini.