-->

Update

Tag Terpopuler

10 Fakta Kekaisaran Romawi Kuno

21 Mei 2016 | 10:57 WIB Last Updated 2018-01-06T00:59:38Z
1.   Orang Romawi percaya akan dewa dan dewi yang memerintah atas berbagai bidang kehidupan. Misalnya, Neptunus yang menjadi dewa laut, dan mereka berdoa kepada dia untuk melindungi mereka di laut. Kuil dibangun untuk menghormati dewa-dewa, dan orang-orang akan mengunjungi kuil dengan membawa persembahan.
2.   Kekaisaran Romawi didirikan oleh Romulus yang merupakan raja pertama pada 753 BC. Semenjak itu Roma menjadi kota yang kaya dan berkuasa selama beberapa ratus tahun ke depan

3.   Pada 117 M, wilayah Kekaisaran Romawi telah menlingkupi seluruh Italia,  semua tanah di sekitar Mediterania dan sebagian besar Eropa, termasuk Inggris, Wales dan bagian dari Skotlandia.

4.   Kunci utama kejayaan Kekaisaran Romawi sehingga dapat menaklukkan tanah baru adalah tentaranya. Tentara Romawi dapat berjalan 40 km per hari.
5.   Selama pertempuran, seorang prajurit Romawi atau 'legiun' pertama akan melemparkan tombaknya ke musuh, setelah itu ia berperang dengan pedangnya. Untuk melindungi dirinya, ia membawa perisai kayu dan mengenakan helm logam dan baja.
6.   Orang Romawi tidak hanya fokus dalam militer saja. Mereka juga seorang arsitek yang hebat.  Mereka juga membangun jalan, dinding, bangunan dan sebaginya.   

7.   Untuk membawa atau menyalurkan air ke kota-kota, orang Romawi handal membuat sistem saluran air dan jembatan untuk mengalirkan air guna mandi dan keperluan lainnya. 
8.   Orang Romawi menyukai untuk menikmati makanan. Mereka, sering berbaring di sofa sambil makan dengan tangan mereka. Kadang-kadang menggunakan sendok, tapi mereka tidak pernah menggunakan pisau dan garpu. Orang Roma kaya suka makan makanan eksotis, seperti bangau, burung beo panggang dan bahkan flamingo.
9.   Salah satu bangunan paling terkenal yang ditinggalkan oleh orang Romawi Kuno adalah Colosseum - sebuah ampitheatrebesar di pusat kota Roma. Di sinilah anggota masyarakat akan datang untuk menonton acara olahraga dan permainan, termasuk pertempuran antara gladiator Romawi.

10.       Legenda Romawi mengatakan bahwa Romulus memiliki saudara kembar bernama Remus. Ketika bayi mereka ditinggalkan di daerah yang kemudian menjadi Roma. Sebuah serigala betina menemukan dan mengangkat mereka menjadi anak. Setelah mereka tumbuh dewasa Romulus membunuh Remus dan menjadi penguasa pertama dari Roma.