-->

Update

Tag Terpopuler

Kerajaan Makedonia Kuno

24 Mei 2016 | 04:23 WIB Last Updated 2018-01-06T00:59:37Z

Makedonia merupakan sebuah kerajaan kuno yang berpusat di sebelah timur laut dataran Semenanjung Yunani, lebih tepatnya terletak di kepala Teluk Thermai. Pada abad ke-4 SM, kerajaan kuno ini telah mencapai hagemoni atas Yunani dan menaklukkan daerah hingga tanah timur jauh yaitu hingga wilayah Sungai Indus. Meskipun demikian pengaruh Mekedonia di India hanya berlangsung singkat.

Asal dan identitas asli dari orang Makedonia masih diperdebatkan. Apakah mereka sebenarnya adalah etnis Yunani atau tidak. Antara Makedonia dan Yunani terdapat hubungan budaya prasejarah yaitu sama-sama bagian dari Anatolia. Berawal pada sekitar 700 SM ketika sekelompok orang yang menyebut diri mereka bangsa Makedonia mulai tinggal di wilayah timur dari Sungai Haliacmon (Aliakmon). Mereka dipimpin oleh Raja Perdiccas I. Ada yang berpendapat bahwa orang-orang Makedonia ini memakai bahasa Yunani serta menggunakan budaya Yunani kuno sebelum abad ke- 5 SM. Bahkan Athena diyakini juga ikut mengontrol pemerintahan Makedonia, terutama di daerah pesisirnya.Kesepakatan pemisahan wilayah antara Makedonia dan Yunani kuno dilakukan pada masa Raja Amyntas III yang memerintah pada 393 SM -370/369 SM.

Dua putra Amyntas yaitu Alexander II dan Perdiccas III, memerintah hanya sebentar. Putra ketiga Amyntas yaitu Philip II telah dianggkat menjadi raja ketika ia masih bayi. Ia akhirnya memerintah pada 359-336 SM dan berhasil menbawa Makedonia ke posisi dominan di Yunani. Anak Philip yaitu Alexander III atau Alexander Agung yang memerintah 336 SM-323 SM berhasil menggulingkan Kekaisaran Achaemenian (Persia) dan memperluas kekuasaan Makedonia hingga sungai Nil dan sungai Indus. 
Setelah kematian Alexander di Babel, para jenderal Makedonia membagi wilayah kerajaan ini ke dalam beberapa  satrapi atau provinsi, dimana masing-masing provinsi dipimpin oleh para jenderal. Mulai 321 SM hingga 301 SM perang hampir terus-menerus terjadi di Makedonia. Antipater (seorang bupati di Eropa) dan putranya Cassander berhasil mempertahankan kontrol Makedonia dan Yunani sampai kematian Cassander pada 297 SM. Setelah itu  Makedonia jatuh ke dalam perang saudara.