Indeks Artikel

21 Fakta Penting Mengenai HIV/AIDS yang Mesti Kamu Tahu!

Selasa, Juni 27, 2017 10:00 WIB

HIV/AIDS adalah penyakit mematikan yang cukup terkenal di dunia yang menyerang sistem kekebalan tubuh. HIV adalah kata singkatan yaitu Human Immunodeficiency Virus, sedangkan AIDS adalah kata singkatan yaitu Acquired Immune Deficiency Syndrome. AIDS ini merupakan stadium akhir dari infeksi virus HIV. Berikut merupakan sedikit fakta mengenai HIV/AIDS:

1). Secara global, ada sekitar 40 juta orang di dunia ini yang terinfeksi AIDS. Sekitar 2,1 juta dari mereka adalah mereka yang dibawah usia 15 tahun.

2). Untuk saat ini, ada sekitar 25 juta orang telah meninggal karena AIDS di seluruh dunia.

3). Pada bulan Mei 1969, seorang remaja Amerika-Afrika bernama Robert meninggal karena penyakit misterius yang kemudian dikonfirmasi untuk menjadi kematian AIDS pertama yang dikenal.

4). Selebriti besar yang pertama kali didiagnosis AIDS adalah Rock Hudson pada 2 Juli 1985.

5). Di Negara Swaziland, gadis-gadis muda disana diperkirakan 80% berkesempatan besar meninggal dikarenakan penyakit AIDS.

6). Lebih dari 1,1 juta orang di Amerika Serikat saat ini hidup dengan infeksi HIV.

7). Hanya sekitar 1 dari 5 orang dari mereka yang hidup dengan terinfeksi HIV di Amerika Serikat tidak menyadari kalau dia sudah terinfeksi HIV.

8). Setiap 9,5 menit, seseorang di Amerika Serikat terinfeksi HIV

9). Sekitar 50.000 orang di Amerika terinfeksi HIV setiap tahunnya.

10). Kebanyakan dari kaum gay dan biseksual yang berhubungan seks dengan laki-laki lain mewakili mayoritas orang yang telah meninggal karena AIDS.

11). HIV ditularkan melalui: a). Hubungan seks tanpa kondom (vaginal, anal, oral) dengan seseorang yang memiliki HIV. b). Berbagi jarum suntik. c). Anak yang lahir dari ibu yang terinfeksi HIV. d). Transfusi darah.

12). HIV merusak tubuh seseorang dengan menghancurkan sel-sel darah tertentu yang disebut CD4+T. Sel inilah yang penting untuk membantu tubuh melawan penyakit.

13). Memeluk/menyentuh seseorang yang terkena HIV, menggunakan kamar mandi dan kolam renang dengan seseorang yang terkena HIV, berbagi cangkir dan peralatan lainnya, atau digigit nyamuk tidak akan bisa membuat seseorang tertular HIV.

14). Ada percobaan yang menunjukkan bahwa virus HIV dapat dibunuh oleh suhu lebih dari 60 derajat Celcius.

15). Sekitar 3,34 juta anak di dunia hidup dengan terinfeksi HIV.

16). Hampir 90% anak di sub-Sahara Afrika terkena infeksi HIV Positif.

17). Di Negara Botswana, harapan hidup orang orang berturun dari 65 tahun ke 35 tahun karena AIDS.

18). Ada 3 orang yang terinfeksi HIV di London meninggal setelah mereka berhenti meminum obat HIV.

19). Hari AIDS Sedunia diperingati pada tanggal 1 Desember setiap tahunnya.

20). Seorang anak berumur 3 tahun digigit oleh ayahnya yang positif HIV yang menyebabkan pendarahan. Segera setelah diperiksa, anak tersebut dinyatakan positif HIV. Dokter percaya bahwa infeksi tersebut disebabkan oleh gigitan ayahnya.

21). AIDS adalah penyakit yang paling banyak dipelajari dalam sejarah.

Kira-kira segitu saja fakta mengenai HIV/AIDS. Saya juga tidak mau panjang lebar tentang penyakit ini, karena saya juga begitu ngeri dengan penyakit ini saat saya menulis postingan ini. Moga saja kita semua terhindar dari penyakit ini dan hidup bebas dari penyakit HIV/AIDS, Aamiin.