Indeks Artikel

32 Fakta Menarik Tentang Ubur-Ubur yang Harus Kamu Tahu!

Rabu, Juli 19, 2017 11:44 WIB

Ubur-ubur adalah hewan laut invertebrata yang biasa dikenal memiliki tentakel dan sengatan yang menyakitkan. Dalam kingdom animalia, ubur-ubur termasuk dalam filum cnidaria. Berikut adalah beberapa fakta tentang ubur-ubur:

1). Walaupun tinggal di lautan, ubur-ubur bukanlah ikan. Mereka adalah plankton.

2). Ubur-ubur tidak memiliki otak, jantung, telinga, kepala, kaki, dan tulang.

3). Ubur-ubur dapat ditemukan di seluruh lautan dunia, bahkan mereka pernah ditemukan di beberapa danau air tawar ataupun kolam.

4). Di setiap tentakel yang ubur-ubur punya terdapat ribuan sel yang disebut cnidoblasts. Di dalam cnidoblasts terdapat nematocysts, yang masing-masing berisi benang yang menyengat.

5). Mekanisme pertahanan utama ubur-ubur adalah sengatan dan badannya yang transparan, yang membuatnya mudah bersembunyi.

6). Banyak ahli bedah saraf mengatakan bahwa pengobatan populer untuk sengatan ubur-ubur seperti cuka dan air kencing tidak dapat membantu sengatan tersebut. Satu-satunya hal terbaik yang harus dilakukan adalah mencucinya dengan air garam, karena air asin dapat menonaktifkan sel yang menyengat.

7). Walaupun ubur-ubur tidak memiliki otak, mereka memiliki sistem saraf dasar dengan reseptor yang dapat mendeteksi cahaya, getaran, dan bahan kimia dalam air.

8). Sekitar 95% dari tubuh ubur-ubur adalah air. Jika mereka dikeluarkan dari air (tempat ia tinggal), maka mereka akan jatuh dan mati.

9). Tentakel ubur-ubur masih bisa menyengat walaupun terpisah dari tubuh ubur-ubur.

10). Ubur-ubur terkecil di dunia adalah Creeping Jellyfish, sedangkan ubur-ubur terbesar di dunia adalah Nomura's Jellyfish dan Lion's Mane Jellyfish.

11). Ubur-ubur yang tinggal di akuarium biasanya dapat hidup lebih lama daripada yang tinggal di alam liar.

12). Kebanyakan ubur-ubur adalah karnivora yang pasif. Mereka biasanya memakan plankton, krustasea, telur ikan, ikan kecil, dan ubur-ubur lainnya.

13). Ubur-ubur yang sudah mati masih bisa menyengat.

14). Salah satu spesies ubur-ubur, Turritopsis nutricula, memiliki regenerasi yang sangat luar biasa sehingga dijuluki sebagai ubur-ubur abadi.

15). Ubur-ubur telah hidup di perairan dunia selama lebih dari 650 juta tahun, jauh sebelum dinosaurus, yang menjadikannya hewan multi-organ tertua.

16). Ada lebih dari 2.000 jenis ubur-ubur yang sudah ditemukan. Para ilmuwan masih percaya bahwa masih ada sebanyak 300.000 spesies ubur-ubur berbeda yang belum ditemukan.

17). Ubur-ubur telah bertanggung jawab atas matinya pembangkit listrik tenaga nuklir di Jepang, karena terjebak dalam sistem pendinginnya. Ubur-ubur yang terjebak tersebut adalah Nomura's Jellyfish, ubur-ubur terbesar di dunia.

18). Para ilmuwan percaya bahwa perubahan iklim, penangkapan ikan yang berlebihan, dan juga polusi dapat menyebabkan berkembangnya ubur-ubur.

19). Di beberapa belahan dunia, ubur-ubur adalah hidangan yang sangat enak dan lezat. Ubur-ubur yang paling banyak dimakan adalah Cannonball Jellyfish.

20). Ubur-ubur kotak adalah ubur-ubur paling beracun di dunia, bahkan sudah dijadikan sebagai hewan paling beracun di dunia. Racun dalam tubuh ubur-ubur kotak bisa membunuh 60 orang sekaligus.

21). Ubur-ubur mencerna makanannya dengan cepat. Karena akan sulit untuk ia mengambang jika membawa makanan dalam jumlah yang besar.

22). Ubur-ubur membunuh lebih banyak orang daripada Hiu setiap tahunnya.

23). Ubur-ubur yang tinggal dekat permukaan (terkena sinar matahari) cenderung tidak memiliki warna. Sedangkan ubur-ubur yang biasa tinggal di perairan yang lebih dalam, sering berwarna merah, ungu, hijau, kuning, atau kadang bergaris-garis.

24). Sengatan ubur-ubur kotak dapat membunuh seseorang dengan menghentikan jantungnya sekitar 2 menit.

25). Banyak ubur-ubur yang memiliki organ bioluminescent yang membuatnya memancarkan cahaya dalam kegelapan. Ini dapat membantu mereka seperti menarik mangsa atau mengganggu pemangsa. Contoh salah satu spesiesnya adalah Crystal Jellyfish.

26). Ubur-ubur bisa mengkloning dirinya sendiri. Jika ubur-ubur dipotong menjadi dua, potongan ubur-ubur bisa beregenerasi dan menciptakan dua organisme baru.

27). Ubur-ubur bukanlah perenang yang kuat, jadi mereka sangat menyukai arus laut.

28). Predator umum bagi ubur-ubur adalah Ikan tuna, hiu, kura-kura laut, serta ubur-ubur lainnya.

29). Satu ubur-ubur betina bisa mengeluarkan sebanyak 45.000 butir telur setiap harinya.

30). Ubur-ubur bernafas melalui kulitnya.

31). Musim hujan dapat menurunkan populasi ubur-ubur karena ubur-ubur hanya bisa bertahan di air asin.

32). Ubur-ubur kotak adalah salah satu ubur-ubur yang unik, karena mereka memiliki 24 mata dan 60 anus.