banner here

Mengenal Grafika dan Jenis Produk, Teknik, beserta Peluang Pengembangan

- July 15, 2017
advertise here

Grafika adalah suatu presentasi visual (Gambar atau Teks) yang ditampilkan pada suatu permukaan (bidang datar), bertujuan untuk memberikan informasi atau keindahan.

Produk grafika ada bermacam-macam, contoh diantaranya:
1). Koran atau bulletin
2). Kaos bergambar
3). Kartu ucapan
4). Poster
5). Iklan, dan lain-lain.

Disini kita akan mencari teknik cetak, fungsi, beserta peluang pengembangan dalam produk-produk grafika tersebut.

1). Koran


Koran termasuk dalam produk grafika karena menampilkan visual (gambar atau teks) pada permukaannya. Fungsi koran diantaranya pemberi informasi harian bagi masyarakat. Tapi dizaman yang sudah canggih ini, terkadang koran sudah tidak laku lagi karena sekarang kita bisa membaca berita harian di internet.

Koran dicetak menggunakan cetak datar offset. Peluang pengembangannya sendiri ialah koran harus diberi berita terbaru setiap harinya apalagi berita yang lagi hangat-hangatnya. Itu semua bisa membuat koran menjadi laku dan para masyarakat jadi membeli koran.

2). Kaos Bergambar


Kaos bergambar juga merupakan produk grafika, fungsinya ialah memberikan nilai keindahan pada kaos tersebut sehingga membuatnya menjadi lebih menarik. Daya jual belinya lebih tinggi karena sangat unik.

Dicetak menggunakan cetak saring/sablon. Peluang pengembangannya ialah didesain menarik mungkin untuk bisa menarik banyak orang untuk membelinya.

3). Kemasan Makanan


Kemasan makanan memiliki fungsi untuk melindungi makanan, mencerminkan suatu produk, mudah dibawa, dan menarik perhatian konsumen untuk membelinya.

Pencetakannya menggunakan cetak digital. Peluang pengembangannya yaitu untuk membuat makanan tersebut laris, dibuatlah kemasan makanan yang menarik lagi supaya terlihat lebih mengunggah selera.

4). Kartu Ucapan


Kartu ucapan memiliki banyak fungsi diantaranya yaitu memberi ucapan selamat kepada orang-orang, memberi ungkapan cinta kepada orang yg disukai, bisa untuk pemberitahuan dan juga promosi.

Dicetak menggunakan cetak digital. Peluang pengembangannya didesain semenarik mungkin, supaya banyak orang yang menyukai atau membelinya.

5). Poster


Poster memiliki fungsi yaitu untuk media promosi, media pemberitahuan, dan juga bisa digunakan untuk sebagai media pembelajaran dan peringatan.

Pada zaman dahulu, poster dibuat menggunakan panel kayu atau di tembok. Di zaman sekarang ini, poster lebih mudah dibuat menggunakan cetak digital. Peluang pengembangannya sendiri, teks dan gambarnya dijadikan lebih menarik lagi agar banyak orang yang melihat dan tertarik.

6). Iklan


Iklan memiliki fungsi yaitu untuk mengingatkan orang-orang, sebagai media promosi, menambah nilai produk yang diiklankan, dan lain-lain.

Iklan sendiri bisa dibuat dengan media cetak (koran/majalah) atau dengan media elektronik (tv) dan media luar ruangan (seperti papan billboard), yang pasti semuanya itu menggunakan cetak digital. Peluang pengembangannya dibuat lebih menarik mungkin agar banyak orang yang tertarik, karena iklan yang menarik mungkin bisa menarik banyak konsumen.
Advertisement advertise here
 
banner here