-->

Update

Tag Terpopuler

15 Makanan Sehat yang Bisa Membuat Berat Badan Anda Turun

18 Agustus 2017 | 21:33 WIB Last Updated 2018-01-06T00:57:19Z
Banyak orang yang merasa sedih atau kesal dengan berat badannya yang berlebih. Terkadang usaha apapun seperti diet atau olahraga sangat sulit untuk dilakukan terus-menerus. Tapi dibalik itu semua, ada banyak makanan yang bisa membuat berat badan anda turun, seperti berikut ini.

1). Telur


Telur adalah makanan terbaik yang bisa anda makan jika ingin menurunkan berat badan. Makanan ini mengandung protein tinggi, lemak yang sehat, dan bisa membuat anda merasa kenyang dengan jumlah kalori yang sangat rendah. 

Satu studi terhadap 30 wanita dengan berat badan berlebih menunjukkan bahwa makan telur untuk sarapan pagi membuat mereka merasa kenyang dan makan lebih sedikit untuk 36 jam berikutnya. Telur juga sangat padat nutrisi dan dapat membuat anda mendapatkan semua nutrisi yang anda butuhkan pada diet kalori terbatas.

2). Sayuran Hijau


Sayuran hijau meliputi kangkung, bayam, kol, dan lain-lain. Mengkonsumsi sayuran hijau adalah cara terbaik untuk meningkatkan volume makanan anda, tanpa meningkatkan kalori. Sayuran hijau juga sangat bergizi dan tinggi vitamin, mineral, kalsium, dan antioksidan.

3). Ikan Salmon


Ikan yang memiliki minyak seperti ikan salmon sangatlah menyehatkan. Makanan ini juga bisa membuat anda kenyang selama berjam-jam dengan kalori yang relatif sedikit. Ikan salmon memiliki protein yang berkualitas tinggi, lemak yang sehat, dan juga mengandung segala macam nutrisi penting. Ikan salmon juga dilengkapi dengan asam lemak omega-3, yang telah terbukti membantu mengurangi peradangan.

4). Sayuran Cruciferous


Sayuran yang termasuk dalam keluarga Cruciferous seperti kubis, kembang kol, lobak, brokoli sangat baik terhadap tubuh dan memiliki serat tinggi yang juga menyehatkan. Terlebih lagi, sayuran jenis ini cenderung mengandung protein dalam jumlah yang layak. Kombinasi protein dan serat membuat sayuran jenis ini menjadi makanan yang sempurna untuk anda makan jika ingin menurunkan berat badan. 

5). Daging Tanpa Lemak 


Daging adalah makanan yang mengandung protein tinggi, dan mengonsumsi makanan berprotein tinggi dapat membakar 80-100 kalori per-harinya. Penelitian menunjukkan bahwa meningkatkan asupan protein menjadi 25-30% dapat mengurangi hasrat makan sebesar 60%, mengurangi keinginan untuk ngemil larut malam, dan dapat mengurangi berat badan sekitar satu pon seminggu.

6). Kentang Rebus


Kentang mengandung nutrisi yang sangat beragam, diantaranya memiliki potasium yang cukup tinggi yang berperan penting dalam pengendalian tekanan darah. Mengonsumsi kentang rebus dapat membuat anda merasa kenyang dan tidak memakan-makanan yang lain. Maka dari itu, makanan ini cocok untuk membuat berat badan anda turun.

7). Ikan Tuna


Ikan tuna adalah makanan yang rendah kalori serta berprotein tinggi. Ikan ini juga memiliki lemak yang sangat sedikit. Mengonsumsi ikan tuna adalah cara yang baik untuk menjaga protein tetap tinggi, dengan total kalori dan lemak yang rendah.

8). Kacang-Kacangan


Kacang-kacangan sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Makanan ini cenderung memiliki serat dan tinggi protein, yang terbukti bisa mengenyangkan. 

9). Sup


Memakan-makanan dengan kepadatan energi rendah cenderung membuat orang makan lebih sedikit kalori. Sebagian dari makanan tersebut adalah makanan yang banyak mengandung air, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Dengan membuat sup, anda bisa mendapatkan lebih sedikit kalori dari makanan anda dan membuat anda menjadi lebih kenyang.

10). Keju Cottage (Keju Lembut)


Keju cottage memiliki sebagian besar protein, dan hanya mempunyai sedikit karbohidrat dan lemak. Mengonsumsi banyak keju cottage adalah cara yang bagus untuk meningkatkan asupan protein anda. Hal ini juga bisa membuat anda merasa lebih kenyang dengan jumlah kalori yang relatif rendah.

11). Alpukat


Alpukat memiliki lemak yang sangat sehat, yaitu asam oleat (jenis lemak yang sama ditemukan dalam buah zaitun). Buah ini juga memiliki banyak nutrisi penting seperti serat dan potasium, serta kandungan air yang cukup banyak.

12). Biji-Bijian


Biji-bijian seperti gandum, beras merah, dan lain-lain mengandung banyak serat dan protein dalam jumlah yang layak. Makanan ini terbukti dapat meningkatkan kekenyangan dan memperbaiki kesehatan metabolik. 

13). Cabai


Mengonsumsi cabai mungkin bermanfaat untuk diet penurunan berat badan. Cabai mengandung zat capsaicin yang telah terbukti mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak dalam beberapa penelitian. Ada satu studi menunjukkan bahwa mengonsumsi 1 gram cabai merah dapat mengurangi nafsu makan. Namun, tidak ada efek pada orang-orang yang terbiasa makan pedas.

14). Jeruk Bali



Jeruk bali adalah salah satu buah yang sangat sehat karena dapat mengurangi resistensi insulin, kelainan metabolik yang terlibat dalam berbagai penyakit kronis. Dalam sebuah penelitian terhadap 91 orang obesitas, makan setengah jeruk bali sebelum makan dapat menyebabkan penurunan berat badan sebesar 1,6 kg selama 12 minggu.

15). Yoghurt


Yoghurt mengandung bakteri probiotik yang bisa meningkatkan fungsi usus anda. Memiliki usus yang sehat dapat membantu melindungi pembengkakan dan resistensi leptin, yang merupakan pendorong hormonal obesitas.