banner here

Pengertian Konsumsi beserta Tujuan, Faktor,dan Pelaku Kegiatannya

- September 01, 2017
advertise here

1. Pengertian Konsumsi


Pengertian konsumsi adalah setiap kegiatan memakai, menggunakan atau menghabiskan kegunaan setiap barang baik secara berangsur-angsur maupun sekaligus habis.

2. Tujuan Konsumsi

Dalam melakukan kegiatan konsumsi, sebaiknya mengkombinasikan antara kebutuhan barang dan jasa sehingga akan tercapai kepuasan yang maksimal. Berdasarkan tujuannya konsumsi dapat dibedakan atas berikut ini.

a. Konsumsi produktif, yaitu konsumsi yang tujuannya untuk menghasilkan barang atau jasa lain. Contoh, Pak Irwan seorang pengusaha tahu tempe, suatu saat Pak Irwan membeli kacang kedelai, mesin penggiling, panci, kompor, dan lain-lain.

b. Konsumsi konsumtif, yaitu konsumsi dengan tujuan utnuk memenuhi kebutuhan sendiri. Contoh, Bu Irna membeli perhiasan dengan tujuan untuk dipakai sendiri.

3. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pola Konsumsi

Faktor-faktor yang mempengaruhinya sebagai berikut:
1). Tingkat Pendapatan
2). Selera
3). Sikap Hidup
4). Lingkungan Tempat Tinggal

4. Pelaku Kegiatan Ekonomi

a. Rumah Tangga Keluarga
Rumah tangga keluarga biasanya terdiri dari ayah, ibu, dan anak-anaknya. Keluarga merupakan sekumpulan orang yang tinggal dalam satu rumah sebagai unit terkecil dalam suatu masyarakat. Keluarga merupakan kelompok yang sering melakukan kegiatan konsumsi. Setiap anggota keluarga mempunyai kebutuhan yang berbeda. Contoh kebutuhan anggota keluarga dapat berupa makanan dan pakaian, sedangkan kebutuhan keluarga adalah rumah, listrik, dan lain-lain.

b. Rumah Tangga Perusahan
Perusahaan merupakan tempat terjadinya proses produksi. Pada saat memproduksi barang, perusahaan ini memperlukan bahan baku, tenaga kerja, dan modal. Dalam melakukan kegiatan konsumsi yang ditujukan untuk menghasilkan barang atau jasa, perusahaan harus menekan pengeluarannya agar dapat menekan biaya produksi. Perusahaan dapat menekan biaya produksi dengan membeli atau menggunakan bahan baku yang murah, menggunakan tenaga kerja yang terampil, atau dapat juga menggunakan teknologi yang tinggi sehingga dapat menghasilkan barang dalam jumlah yang banak dengan kualitas yang baik.

c. Rumah Tangga Negara
Pada dasarnya sama dengan perusahaan, Negara bertindak sebagai produsen sekaligus sebagai konsumen. Konsumsi negara bertujuan untuk memenuhi atau melayani kebutuhan masyarakat. Biaya yang digunakan untuk konsumsi negara berasal dari masyarakat. Negara setiap akhir tahun membuat rancangan anggaran dan belanja negara yang nantinya harus disetujui oleh DPR. Hal ini dilakukan agar pengeluaran pemerintah dapat sesuai dengan kebutuhan dari masyarakat.
Advertisement advertise here
 
banner here