banner here

10 Daftar Hewan Terkuat di Dunia (Darat, Air, dan Udara)

- October 04, 2017
advertise here
Ada banyak sekali jenis hewan di dunia ini, dan yang pasti memiliki berbagai jenis kekuatan yang berbeda-beda. Ada yang mampu menarik, mengangkat, atau membawa beban yang sangat besar. Pasti dipikiran anda siapa hewan terkuat di dunia ini, Gajah? Dinosaurus? Harimau? Daripada penasaran berikut adalah 10 daftar hewan terkuat di dunia:

10). Beruang Grizzly (Grizzly Bear)

Beruang Grizzly (Ursus arctos horibillis) merupakan subspesies dari beruang coklat. Beruang Grizzly adalah beruang terbesar di Amerika Utara. Beruang ini bisa mengangkat benda lebih dari 500 kg, yaitu sekitar 0.8 kali berat tubuhnya. Sayangnya hewan ini terancam punah karena salah satunya adalah pemburuan oleh manusia. 

9). Ular Anaconda

Ular Anaconda adalah ular yang hidup di Amerika Selatan, Orico, dan Guianas. Tempat favoritnya adalah rawa-rawa. Bagi anda yang ingin ke Amerika Selatan tepatnya di Sungai Amazon, hati-hati dengan ular ini karena lilitannya yang sangat berbahaya. Ular ini dapat meremas apapun seberat 250 kilogram sampai mati.

8). Gajah

Gajah termasuk mamalia terbesar dan terkuat di daratan yang kita kenal gagah, kuat, dan perkasa. Tapi sayang, gajah hanya masuk posisi ke-8 sebagai hewan terkuat di dunia. Gajah Afrika beratnya dapat mencapai 6.350 kg dan mereka bisa mengangkut beban sekitar 9.000 kg yang setara dengan berat 130 manusia dewasa.

7). Musk Ox

Musk Ox adalah hewan mamalia yang habitat aslinya adalah di kawasan Arktik. Hewan yang mirip bison ini biasa ditemukan di Kanada dan Greenland, serta sejumlah populasi kecil di Siberia, Swedia, Norwegia, dan Alaska. Hewan ini dapat membawa beban seberat 900 kg, yaitu sekitar 1,5 kali berat tubuhnya.

6). Harimau

Harimau adalah hewan vertebrata, kelas mamalia, pemakan daging, dan termasuk keluarga kucing (felidae). Harimau atau biasa dijuluki kucing terbesar ini sangat kuat dibandingkan gajah. Ia bisa membawa beban seberat 550 kg yaitu sekitar 2 kali berat tubuhnya ke atas pohon.

5). Burung Elang

Burung Elang adalah burung pemangsa yang bisa kita temukan di seluruh Indonesia, yang biasa dikenal dengan penguasa udara. Burung ini memiliki tubuh serta sayap yang indah sehingga membuatnya sangat gagah. Burung ini dapat mengangkat sesuatu seberat 4 kali berat tubuhnya saat terbang.

4). Gorilla

Gorilla adalah salah satu jenis primata terbesar. Hewan ini termasuk hewan yang dekat sekali dengan manusia setelah simpanse. Seekor Gorilla bisa mengangkat sesuatu seberat 2.000 kg (seberat 30 manusia), lebih dari 10 kali berat badannya.

3). Semut Pemotong Daun (Leafcutter)

Apa? Semut termasuk daftar hewan terkuat? Yup benar sekali! Semut pemotong daun ini bisa mengangkat serta membawa beban sekitar 50 kali berat badannya di rahangnya. Itu semua setara dan sama seperti manusia yang mampu mengangkat truk dengan giginya.

2). Kumbang Badak

Kumbang Badak bisa mengangkat sesuatu sekitar 850 kali beratnya sendiri! Jika manusia memiliki kekuatan seperti kumbang badak maka ia mampu mengangkat benda seberat 65 ton. Jika gajah memiliki kekuatan seperti kumbang badak, maka ia mampu 850 gajah di punggungnya!

1). Kumbang Kotoran (Dung Beetle)

Seekor kumbang kotoran bukan hanya serangga terkuat di dunia tapi juga hewan terkuat di planet ini. Kumbang kotoran bisa menarik beban sekitar 1.141 kali berat badannya sendiri! Jika manusia memiliki kekuatan seperti kumbang kotoran maka ia mampu menarik 6 bus dua tingkat yang penuh dengan orang! Wow gak kebayang banget kekuatannya!
Advertisement advertise here
 
banner here