Indeks Artikel

Yacht Terbesar di Dunia Milik Miliarder Arab Misterius

Selasa, Desember 26, 2017 00:39 WIB

DUBAI, KOMPAS.com - Azzam, sebuah kapal pesiar pribadi yang diklaim sebagai yang terbesar dan tercepat, dikabarkan dimiliki seorang milyuner Arab "misterius". Dia diyakini sebagai salah seorang terkaya di dunia.


Sejumlah laporan menyebut, kapal ini dimiliki seorang raja minyak dari Uni Emirat Arab. Namun, berita sebelumnya menduga kapal ini adalah milik salah satu anggota kerajaan Arab Saudi.

Kapal itu sekarang masih bersandar galangan kapal Lurssen, Bremen, Jerman. Dan hingga saat ini belum diketahui mengapa nama pemilik kapal itu sangat dirahasiakan.

Kapal ini memiliki panjang 179 meter, atau hampir 17 meter lebih panjang dari kapal pesiar Eclipse milik taipan Rusia Roman Abramovich. Sebelumnya Eclipse adalah kapal pesiar pribadi terpanjang di dunia.

"Untuk memudahkan perspektif kita, kapal pesiar Azzam memiliki panjang hampir dua kali lapangan sepak bola. Kapal ini memiliki fitur yang unik misalnya sistem pertahanan udara dan dua landasan helikopter," demikian sebuah laporan mingguan Examiner.

Berdasarkan laporan itu, Azzam berharha lebih dari 600 juta dolar dan sudah dibangun selama hampir empat tahun.

Kapal ini, masih menurut Examiner, memiliki banyak fitur yang belum diungkapkan.

"Kapal ini memiliki kaca tahan peluru yang melindungi kamar aman dan kamar tidur utama. Dia juga memiliki sebuah kapal selam mini yang bisa dilepaskan untuk melihat-lihat dasar laut, sebuah bioskop, restoran dan bahkan ruang disko," papar Examiner.