Indeks Artikel

7 Faktor Aneh Penyebab Orang Jadi Pelupa

Minggu, September 28, 2014 11:00 WIB

7 Faktor Aneh Penyebab Orang Jadi Pelupa


7 Faktor Aneh Penyebab Orang Jadi Pelupa

Memang tidak semua orang dianugerahi dengan ingatan yang tajam sejak mereka lahir. Sehingga ada beberapa orang yang memiliki sifat pelupa. Namun ada pula beberapa orang yang sebenarnya tidak memiliki sifat tersebut, bisa menjadi pelupa karena beberapa faktor seperti stres atau gangguan hormon.


Berikut adalah 7 Faktor Aneh Penyebab Orang Jadi Pelupa Seperti yang dilansir dari boldsky.com :


1. Kurang tidur

Salah satu penyebab timbulnya sifat pelupa adalah kurang tidur. Sebab jika Anda tidak tidur secara berkualitas dengan waktu 8 jam setiap malam, maka pikiran Anda mudah menjadi kabur dan tidak fokus. Hasilnya Anda menjadi mudah bingung. Sehingga selalu pastikan Anda memiliki waktu tidur berkualitas setiap malamnya. Kurang tidur juga mampu menyebabkan munculnya penyakit demensia di masa tua.


2. Stres dan depresi

Depresi yang bermula dari stres tak terkontrol bisa menurunkan memori Anda. Stres akan membuat Anda sulit untuk berkonsentrasi sedangkan perilaku depresi yang membuat Anda mudah merenung juga dapat membuat Anda cenderung untuk memblokir memori yang telah tersimpan.


3. Merokok

Merokok jelas jelas dapat menurunkan fungsi otak Anda. Hal ini terjadi sebab racun di dalam rokok akan masuk ke aliran darah yang mengalir sampai ke otak. Hasilnya, fungsi otak menurun, sulit berkonsentrasi, dan mudah lupa.


4. Hipotiroid

Hipotiroid adalah keadaan kelenjar tiroid dan jika tidak berfungsi sebagai mana mestinya Anda pun akan cenderung untuk memiliki fungsi memori yang buruk. Selain itu, gangguan tiroid ini juga mampu menyebabkan gangguan tidur dan gangguan emosional.


5. Kehamilan

Kehamilan bisa membuat kekacauan hormon Anda yang juga mengakibatkan otak Anda kacau. Hal ini disebut dengan istilah pregnant brain fog. Itulah sebabnya orang hamil cenderung lupa akan hal-hal dalam dirinya.


6. Alkohol

Minum terlalu banyak alkohol sehingga membuat Anda sulit fokus mampu menyebabkan Anda kehilangan memori jangka pendek. Jika hal ini diteruskan, maka Anda akan masuk di dalam fase dimana memori Anda menjadi benar benar kosong dan Anda akan lupa.


7. Penuaan

Penuaan adalah proses yang wajar dalam hidup dimana kulit Anda akan keriput, mata Anda kehilangan ketajamannya, dan sel sel otak menjadi tua. Memori Anda pun tidak sebagus ketika Anda berusia 17 tahun. Itulah sebabnya Anda akan mudah lupa. Namun Anda juga harus mewaspadai apakah sifat mudah lupa tersebut hanyalah lupa atau berakhir dengan demensia.


Nah, itulah 7 Faktor Aneh Penyebab Orang Jadi PelupaTernyata banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang menjadi pelupa. Namun hal tersebut sebenarnya bisa dicegah dengan konsumsi makanan sehat. Sebab makanan yang mengandung asam lemak omega 3 dapat membantu Anda dalam mempertajam ingatan.


Sumber : merdeka.com