Indeks Artikel

10 Ciri Ciri Orang Tukang Bohong

Minggu, Oktober 19, 2014 16:28 WIB
Dodkop.blogspot.com - Berbohong merupakan kebiasaan yang hampir pasti pernah dilakukan oleh semua orang. Secara naluri, Anda bisa mengetahui apakah seseorang berbohong pada Anda atau tidak. Namun terkadang pula Anda tidak bisa membedakan ketika seseorang berbohong atau berkata jujur. Hal ini disebabkan bahwa meskipun Anda tahu bahwa Anda dibohongi, namun pikiran bawah sadar Anda menjadi bingung.

Berikut adalah 10 Ciri Ciri Orang Tukang Bohong seperti dilansir dari healthmeup.com :

1. Tiba-tiba berhenti saat bicara

Ciri Ciri Orang Tukang Bohong


Ketika Anda memberikan pertanyaan pada seseorang dan mereka tidak berbohong, maka mereka akan dengan lancar menjawab pertanyaan Anda sebab mereka mengatakan yang sebenarnya.

Namun, ketika seseorang berbohong pada Anda mereka pasti akan berhenti di tengah-tengah bicara. Hal ini dilakukan karena mereka membutuhkan waktu untuk berpikir tentang jawaban mereka. Selain perilaku tersebut, biasanya mereka juga akan meminta Anda untuk mengulang pertanyaan yang Anda berikan.

2. Mengangguk secara tidak sadar

Ciri Ciri Orang Tukang Bohong

Ketika seseorang berbohong, maka terjadi ketidaksinambungan antara perilaku verbal dan non-verbal mereka. Hal ini terjadi karena tubuh secara tidak sadar akan mencocokkan dengan apa yang Anda katakan. Sehingga walaupun ditutupi serapat mungkin, gerakan tubuh tidak akan mampu menutupi kebohongan.


3. Menutupi wajah mereka

Ciri Ciri Orang Tukang Bohong
 
Ketika seseorang berbohong, maka akan secara alami mereka melakukan gerakan menutupi wajah. Jika mereka tahu bahwa mereka berbohong maka mereka akan mencoba untuk menutupi mata, mulut, atau tenggorokan mereka. Kecenderungan lain, selain menutupi wajah, mereka yang doyan bohong juga akan menutupi dada atau perut mereka.


4. Gelisah

Ciri Ciri Orang Tukang Bohong

Saat berbohong, maka tingkat kecemasan dan sistem saraf tubuh seseorang akan menegang. Darah akan mengalir deras di dalam wajah dan telinga mereka. Hal ini akan menyebabkan gerakan gelisah seperti menggigit bibir, berkedip dengan cepat, atau meremas tangan.


5. Memegang rambut

Ciri Ciri Orang Tukang Bohong

Isyarat lain yang biasanya dilakukan seseorang saat berbohong adalah memegang rambut atau melakukan hal kecil yang dianggap tidak penting seperti merapikan rambut dan baju. Mereka juga akan dengan gugup melakukan hal-hal tidak penting tersebut untuk menutupi kebohongan mereka.


6. Berdeham

Ciri Ciri Orang Tukang Bohong

Tingkat kecemasan yang ada di dalam tubuh seseorang biasanya akan menyebabkan tenggorokan menjadi kering. Jika seseorang berdeham sebelum menjawab pertanyaan, maka besar kemungkinan mereka sedang berbohong.


7. Menjadi kaku

Ciri Ciri Orang Tukang Bohong

Selain menjadi gelisah, orang yang berbohong biasanya tubuhnya kaku. Hal ini terjadi karena secara alamiah tubuh akan mempersiapkan diri untuk berkonfrontasi.


8. Tidak konsisten

Ciri Ciri Orang Tukang Bohong

Berbohong akan membuat seseorang menjadi sulit untuk konsisten. Mereka akan cenderung membuat banyak kesalahan, lupa dengan rincian jawaban mereka, dan bisa tersandung dengan kata-kata yang mereka ciptakan sendiri.


9. Mengulangi hal yang sama

Ciri Ciri Orang Tukang Bohong

Orang yang berbohong biasanya mengulang hal yang sama. Hal ini mereka lakukan untuk meyakinkan diri mereka dan orang lain agar percaya.


10. Menggerak-gerakan kaki

Ciri Ciri Orang Tukang Bohong
 
Salah satu gerakan tubuh yang biasanya terjadi saat orang berbohong adalah mereka cenderung menggerak-gerakkan kaki mereka dengan gelisah. Hal ini menandakan mereka ingin segera keluar dari situasi yang menghimpit mereka.

Nah, Itulah 10 Ciri Ciri Orang Tukang Bohong. Tanda tersebut bisa Anda gunakan untuk mengetahui apakah orang yang Anda percaya sedang berbohong dengan Anda atau tidak.

Sumber : merdeka.com