-->

Update

Tag Terpopuler

Sepuluh Fakta Bangsa Yunani Kuno

16 Mei 2016 | 15:30 WIB Last Updated 2018-01-06T00:59:39Z

1. Peradaban Yunani Kuno pertama diyakini terbentuk hampir 4.000 tahun yang lalu (sekitar 1600 SM) oleh Mycenaean di Kreta (pulau Yunani). Kekaisarn Yunani Kuno menyebar dari Yunani melalui Eropa dan pada 800 SM, orang - orang Yunani mulai membagi tanah mereka ke kota-negara atau yang biasa disebut polis. Dimana masing-masing daerah ini memiliki hukum, adat dan penguasa sendiri.

2. Masyarakat Yunani memiliki beberapa takhayul yang aneh tentang makanan. Misalnya, mereka tidak tidak akan makan kacang karena mereka percaya di dalam makanan tersebut terdapat jiwa-jiwa orang mati.

3. Orang-orang Yunani Kuno memiliki banyak cerita tentang dunia mereka. Para dewa ada di dalam cerita ini dan begitu pula mitologi monster. Seperti Cerberus, anjing berkepala tiga yang menjaga gerbang ke neraka, Medusa, seorang penyihir ular yang  bisa membuat orang menjadi batu, dan Cyclops yang memiliki satu mata di tengah dahinya.


4. Terdapat kegiatan Olimpiade di Yunani yang di dalamnya terdapat perlombaan gulat, tinju, lompat jauh, lempar lembing, cakram dan balap kereta. Di antara semuanya perlombaan yang paling sulit adalah gulat, karena tidak ada aturan mainnya.

5. Kebanyakan orang Yunani Kuno mengenakan chiton, yang merupakan T-shirt panjang yang terbuat dari satu potong besar kain. Para budak miskin hanya menggunakan kain cawat yang saling dihubung – hubungkan dan dililitkan di pinggang.

6. Diantara semua patung dewa dan dewi Yunani yang ditempatkan di dalam kuil, yang paling terkenal adalah Parthenon. Kuil ini ada di Athena dibangun untuk dewi Athena, pelindung kota.

7. Memiliki sebuah legenda atau cerita mengenai kecerdikan bangsa Yunani Kuno untuk menaklukkan Kota Troy pada tahun 1180 SM, dengan bersembunyi di dalam kuda kayu raksasa. Kuda tersebut ditinggalkan di luar tembok kota. Penduduk Troy mengira bahwa kuda tersebut adalah hadiah dan membawanya ke dalam kota. Padahal di dalam kuda tersebut bersembunyi pasukan Yunani. Akhirnya pasukan Yunani dapat merebut kota


8. Bangsa Yunani Kuno memiliki teater. Mereka suka menonton drama, dan sebagian besar kota memiliki teater. Beberapa cukup besar sehingga dapat menampung 15.000 orang. Hanya laki-laki dan anak laki-laki yang diizinkan untuk menjadi aktor, dan mereka mengenakan topeng, yang menunjukkan kepada penonton apakah karakter yang mereka perankan sedang senang atau sedih. Beberapa topeng memiliki dua sisi, sehingga aktor bisa mengubahnya berdasarkan mood untuk setiap adegan.

9. Yunani Kuno mengadakan banyak festival untuk menghormati dewa-dewa mereka. Misalnya untuk merayakan Dewa Zeus maka dilaksanakan Olimpiade Yunani yang pertama di kota Olympia pada 776 SM. Para pemenang dari setiap pertarungan diberi karangan bunga dari daun, dan ketika mereka kembali ke rumah, mereka akan diberi makanan gratis serta kursi yang terbaik di teater.


10. Negara-kota (polis) sering berperang, tetapi hanya sebelum Olimpiade. Ketika Olimpiade akan berlangsung maka akan ada gencatan senjata sehingga setiap orang bisa bepergian ke Olympia dengan aman.

Sumber: