banner here

20 Fakta Menarik Tentang Planet Venus yang Harus Kamu Tahu!

- August 21, 2017
advertise here

Planet Venus adalah planet terdekat kedua dari Matahari setelah planet Merkurius. Planet ini kadang sering disebut sebagai saudara kembar Bumi. Berikut adalah beberapa fakta unik dan menarik mengenai planet Venus:

1). Diameter planet Venus adalah 12.100 kilometer.

2). Venus sering disebut saudara kembar Bumi karena planet ini paling dekat dengan Bumi, lalu juga ukurannya yang hampir sama dengan Bumi.

3). Venus tidak memiliki satelit.

4). Kecepatan orbital Venus adalah 35 kilometer per-detik.

5). Venus adalah planet terbesar keenam di tata surya.

6). Atmosfer Venus terdiri dari karbon dioksida (96%) dan nitrogen (3%) beserta gas-gas lainnya.

7). Venus adalah planet paling terpanas di tata surya.

8). Venus adalah planet paling terterang di tata surya.

9). Permukaan Venus yang sangat kering mungkin terbentuk oleh banyaknya aktivitas vulkanik. Dikatakan planet ini memiliki 167 gunung berapi yang berukuran hingga 100 km.

10). Jika anda memiliki berat 100 kg di bumi, maka berat badan anda di Venus adalah 88 kg.

11). Selain planet Bumi, Venus adalah planet yang paling banyak dieksplorasi. Banyak probe ruang angkasa telah mengunjungi dan mendarat di Venus untuk mengumpulkan data.

12). Awan yang mengelilingi Venus sebagian besar terdiri dari asam sulfat.

13). Venus memiliki tekanan atmosfir yang kuat, yaitu mencapai 92 kali dari planet Bumi.

14). Venus berputar ke arah yang berlawanan dengan matahari, yang dikenal dengan rotasi retrogade.

15). Sekitar 65% permukaan Venus tertutup dataran yang datar, dan 35% sisanya terdiri dari enam daerah pegunungan. Salah satunya pegunungan Maxwell, yang tingginya sekitar 7 mil dan panjangnya 540 mil, merupakan ciri khusus planet ini.

16). Massa Venus adalah sekitar 80% dari massa Bumi.

17). Pesawat ruang angkasa pertama yang berhasil mendarat di Venus adalah pesawat ruang angkasa Soviet Venera 7, yang mencapai permukaan planet pada tanggal 15 Desember 1970.

18). Tidak ada medan magnet yang terdeteksi di Venus, yang membuat para Ilmuwan percaya bahwa inti cair planet ini kemungkinan jauh lebih kecil daripada Bumi.

19). Karena suhunya yang sangat panas di permukaan planet ini, tidak ada tanaman atau hewan yang hidup di Bumi bisa bertahan di Venus.

20). Ahli Geologi percaya bahwa Venus pernah memiliki kapasitas air yang besar di permukaannya, namun mengering sekitar 300 juta tahun yang lalu saat matahari mulai memancarkan energi surya dalam jumlah yang lebih banyak.
Advertisement advertise here
 
banner here