banner here

20 Fakta Menarik Tentang Planet Merkurius yang Harus Kamu Tahu!

- August 20, 2017
advertise here

Seperti yang pernah kita pelajari waktu sekolah dasar, planet Merkurius adalah planet terkecil di tata surya (setelah pluto dianggap bukan planet) dan planet yang paling dekat dengan matahari. Berikut adalah beberapa fakta menarik mengenai planet merkurius:

1). Planet merkurius telah dikenal manusia setidaknya 5.000 tahun yang lalu. Bangsa Sumeria mengaitkan planet ini dengan Tuhan mereka yang disebut Nabu.

2). Heraclitus, seorang filsuf Yunani, sangat percaya bahwa Merkurius dan Venus berputar tidak mengelilingi bumi tapi mengelilingi matahari.

3). Merkurius adalah planet yang paling dekat dengan matahari, dan karenanya suhu permukaannya bisa mencapai 450 derajat celcius.

4). Merkurius tidak memiliki atmosfer. Inilah alasan mengapa suhu di Merkurius bisa turun hingga minus 170 derajat celcius.

5). Setahun di Merkurius hanya 88 hari.

6). Merkurius adalah planet terpadat kedua setelah Bumi, dengan inti logam yang membentang antara 3.600-3.800 kilometer.

7). Mariner 10, pesawat ruang angkasa pertama yang mengunjungi Merkurius membuat penemuan yang menakjubkan. Mereka menemukan bahwa Merkurius memiliki medan magnet tersendiri.

8). Merkurius memiliki ukuran sekitar 1/3 kali ukuran bumi.

9). Merkurius bergerak mengelilingi matahari dengan kecepatan 180.000 kilometer perjam. Hal ini membuat Merkurius menjadi planet tercepat di tata surya.

10). Satu hari di Merkurius setara dengan 59 hari di Bumi.

11). Sinar matahari di Merkurius tujuh kali lebih kuat daripada di Bumi.

12). Permukaan Merkurius sangat mirip dengan permukaan bulan. Yaitu sangat tandus dan berbau ditutupi dengan banyak kawah.

13). Meskipun, Merkurius adalah planet terdekat dengan matahari, Venus adalah planet paling panas di tata surya.

14). Jika berat anda 100 kg di Bumi, maka berat anda hanya 38 kg di Merkurius.

15). Merkurius memiliki medan magnet yang sangat lemah, yaitu sekitar 1% dari Bumi.

16). Merkurius adalah salah satu dari dua planet yang tidak memiliki satelit. Planet lainnya adalah Venus.

17). Teleskop Hubble tidak pernah mengamati Merkurius, dan tidak akan pernah bisa. Ini terjadi karena planet tersebut sangat dekat dengan matahari, dan cahayanya akan menyebabkan kerusakan pada optik dan elektronika.

18). Diameter planet Merkurius adalah 4.878 kilometer.

19). Merkurius dikenal sebagai planet terestrial yang terdiri dari sekitar 70% metalik dan 30% bahan silikat.

20). Karena orbit Merkurius berada di dalam orbit Bumi, planet ini dapat dilihat dari Bumi pada pagi hari atau malam hari.
Advertisement advertise here
 
banner here