Indeks Artikel

Mothman

Minggu, Januari 31, 2010 20:54 WIB
“Mothman”, adalah sebutan bagi sebuah mahluk misterius, yang barangkali bukan hanya paling misterius, namun juga paling aneh bentuknya (Berdasarkan kesaksian para saksi)

Kisah mengenai mothman dimulai pada tanggal 12 November 1966 di Clendenin, West Virginia. Sekelompok saksi pertama adalah 5 orang penggali kubur yang sedang menyiapkan sebuah lubah pemakaman untuk prosesi pemakaman di sebuah makam daerah setempat.TGiba - tiba, mereka ujung mata mereka menagkap sesosok manusia berwarna coklat melayang dari atas pohon dan melewati kepala mereka.Mereka yakin kalau itu bukan burung.Mereka bersaksi bahwa mahluk itu lebih mirip dengan manusia bersayap, meskipun tidak sepenuhnya terlihat seperti manusia.Beberapa hari kemudian, serentetan penampakan terjadi, menggemparkan daerah tersebut.



Ketika matahari mulai terbenam pada suatu sore tanggal 15 november , sepasang pengantin anyar menyaksikan penampakan yang sama anehnya, dengan deskripsi yang hampir sama dengan penampakan pertama.Ceritanya, saat itu mereka sedang melewati sebuah pabrik TNT yang ditinggalkan pemiliknya dekat Point Pleasant, West Virginia. Mereka melaporkan "sepasang mata yang sangat besar yang menempel pada sesosok manusia, bukan benar - benar manusia, dia lebih besar ketimbang manusia, tingginya sekitar6/7 kaki.Dan mempunyai sepasang sayap yang terlipat di punggungnya. Pasangan tersebut menjadi panik dan memacu mobilnya, ketika mahluk itu mendekati pintu pabrik tersebut.Beberapa saat kemudian mereka melihat mahluk dengan penampilan sama(belum tentu mahluk ini adalah yang tadi mereka lihat pertama kali), di sebuah bukit dekat jalan yang mereka lintasi. Mahluk tersebut mengepakkan sayapnya, melayang sesaat di udara, lalu membuntuti mobil yang kecepatannya telah melalui 100mph itu."Burung itu mengejar kami, tepat di belakang kami", ucap mereka.Mereka lalu melaporkan pengalaman mereka ke Deputy Sheriff Millard Halstead di Highway 62 tidak jauh dari perbatasan Point Pleasant . Dan mereka bukan satu - satunya pelapor malam itu.Sekelompok orang (beranggotakan 4 orang) melaporkan hal yang sama.Mereka bahkan melihatnya dalam 3 kesempatan berbeda, dan semuanya memiliki deskripsi yang sama dengan yang dilihat si pengantin.

Penampakan selanjutnya menjadi lebih aneh lagi. Pada hari itu juga,sekitar pukul setengah sebelas malam Newell Partridge, seorang kontaktor bangunan yang hidup di Salem (sekitar 90 miles dari Point Pleasant), dimana saat itu dia sedang melihat televisi.Tiba - tiba, gambar di televisinya menjadi gelap, dia bersaksi bahwa di tvnya muncul motif gambar - gambar aneh, yang disusul dengan lolongan keras, yang nadanya semakin naik, lalu tiba - tiba hilang dari luar rumahnya. "Bunyinya seperti generator yang baru dinyalakan, lalu dimatikan secra tiba - tiba” ucapnya. Anjingnya, Bandit, mulai menggonggong dan Newell keluar untuk melihat apa yang terjadi .

Saat dia keluar dari rumahnya, dia melihat bandit sedang menghadap lumbung dimana dia menyimpan jerami di dalamnya.Kebingungan, Newell mengambil senter dan mengarahkannya ke lumbung tersebut, dimana dia mendapati dua bola merah yang terlihat seperti mata binatang, meskipun sepanjang hidupnya dia tidak pernah melihat binatang yang memiliki mata seperti itu .Bandit, anjing pemburu yang sudah cukup berpengalaman dan protektif terhadap teritorinya itu lalu mendekati lumbung tersebut, dalam usahanya mengejar sang penyusup.Newell menyuruhnya untuk berhenti, namun Bandit tidak menghiraukannya.Newell akhirnya kembali ke rumahnya untuk mengampil senapan, namun dia terlalu takut untuk kembali keluar.Sehingga dia memutuskan untuk tidur saja di kamarnya dengan senapan dalam genggamannya.Keesokan paginya, dia tidak dapat menemukan anjingnya. Dia akhirnya mengetahui keberadaan anjingnya ketika dia membaca artikel di koran dua hari kemudian mengenai penampakan ini.

Dia mengetahuinya dari statemen Roger Scarberry, anggota dari kelompok yang melaporkan penampakan tersebut.Dia berkata bahwa mereka melihat anjing besar yang tergeletak di pinggir jalan saat mereka melewati perbatasan point pleasant.Ketika mereka kembali beberapa menit kemudian, anjing itu sudah tidak ada.Mereka bahkan menyempatkan diri untuk mencari anjing tersebut, karena mereka heran dengan peristiwa itu.Newell akhirnya berkesimpulan bahwa itu adalah bandit, karena bandit tidak pernah terlihat lagi.

Tanggal 16 november, sebuah konferensi pers digelar di pengadilan, di mana sepasang pengantin yang melaporkan penampakan tersebut mengulangi ceritanya. Deputy Halstead, yang merupakan teman dekat pasangan tersebut mendukung kesaksian mereka.Dia juga menegaskan bahwa mereka tidak mengidap gangguan mental atau penyakit sejenis.Wartawan - wartawan yang hadir pun melihat bahwa pasangantersebut adalah orang normal, dan dengan cepatnya berita tentang mothman ini menyebar luas.

Pabrik TNT ini tampaknya menjadi sarang mothman sampai beberapa bulan ke depan, dan ini merupakan suatu pilihan yang cerdas.Pabrik ini sendiri adalah peninggalan PD 2 yang terbuat dari kayu, dengan sebuah kubah di mana alat peledak dulu disimpan di sini.Tempat ini juga memiliki dan terhubungan dengan banyak terowongan yang membuat si mothman dapat bergerak dengan cepat tanpa terlihat."Labirin" ini juga terletak di suatu kompleks hutan cagar alam bernama McClintic Wildlife Station, yang berisi hutan lebat, kolam buatan, lereng dan tebing curam, juga bukit - bukit . Bisa dibilang, lokasi ini terlindungi secara alam, dan tidak menutup kemungkinan mothman sudah lama di sana tanpa ada yang menyadari.Sangat jarang ada orang lewat sana, kecuali oleh para pemburu, pemancing, dan remaja yang berpacaran, sebagaimana pasangan pengantin itu.Sehingga jalan ini sering dijuluki M “lover’s lanes”.

Sangat sedikit rumah terdapat di daerah ini.Dari jumlah yang sangat sedikit ini, ada rumah keluarga Ralph Thomas . Di mana pada tanggal 16, penghuninya melihat cahaya merah yang melayang di atas pabrik tersebut. Mrs. Marcella Bennett (tetangga yang ikut melihatnya) , “kami tidak tahu apa itu.Yang jelas sinar itu terlalu kecil dan pergerakannya terlalu aneh bagi sebuah pesawat.” Mrs. Bennett kemudian menghampiri rumah thomas.Ketika turun dari mobil, dia yang sedang menggendong bayinya, dia dikejutkan oleh mahluk yang lebih besar yang bangkit dari tanah. “Dia bangkit perlahan, mahluk yang lebih besar dari manusia dengan mata berkilau yang menakutkan.”

Mrs. Bennett sangat terkejut sampai dia menjatuhkan bayinya! Secepat mungkin dia mengambil kembali bayinya dan berlari masuk rumah.Thomas mengunci pintunya, lalu memanggil polisi.Mothman sempat mengamati mereka dari hendela, namun sayang dia telah menghilang ketika polisi datang.

Mrs. Bennett mengalami trauma berat sampai - sampai harus mengalami penangan medis. Dia sangat tersiksa dengan mimpi - mimpi yang menghantuinya, dan dia mengadu bahwa mahluk itu juga pernah "mengunjungi" rumahnya"Dia juga sering mendengar suara perempuan menjerit di sekitar rumahnya.

Area ini memang area yang misterius.Bukan hanya mothman, sering juga terlihat UFO dan MIB.Penampakan kedua hal ini semakin intens bersamaan dengan kemunculan mothman.Orang - orang pun mulai menghubungkan ke3 hal ini. Peneliti, investigator, dan "pemburu monster" pun mulai membanjiri area ini.Namun tidak ada yang lebih terkenal ketimbang John Keel. John keel sendiri sebenarnya adalah seorang ufolog, namun dia dikenal sebagai tokoh yang cukup kontroversial karena artikel - artikelnya

Keel menjadi tokoh yang penting dalam kasus ini, karena dia menyusun laporan = laporan dari para saksi yang berjumlah lebih dari 100 orang, antara november 1966 sampai 1967.Dari laporan - laporan ini dia menyimpulkan bahwa mothman adalah mahluk setinggi 5 sampai 7 kaki, lebih lebar dari manusia normal, kakinya seperti manusia, matanya terletak dekat pundak.Syapnya seperti kelelawar, yang lebih sering melayangkan sayapnya ketimbang mngepakkannyabecame the major chronicler of the Mothman. Yang aneh dia dilaporkan bisa terbang secara VTOL, sebagaimana heikopter. Kulit/bulunya dilaporkan berwarna coklat/abu2 dan mengeluarkan suara berdengung saat terbang.Tidak ada dari mereka yang bersaksi bahwa mothman dapat berbicara.Melainkan dia mengeluarkan suara melengking aneh, yang oleh Mrs. Bennett yang digambarkan sebagai suara orang menjerit.

John Keel tiba di Point Pleasant December 1966 dan mulai mengumpulkan laporan penampakan mothman dan UFO di area itu. Dia juga mengumpulkan bukti2 mengenai keanehan pada TV dan telepon yang terjadi pada musim gugur tahun itu. Cahaya - cahaya semakin sering muncul rupanya belum cukup untuk "mengawal" kedatangan si mothman.Hal yang lebih aneh terjadi lagi.Fenomena poltergeist terjadi di rumah keluarga James Lilley, yang terletak di selatan pabrik itu.Kejadian - kejadian seperti pintu yang terkunci membuka dan menutup sendiri, dan suara - suara aneh membuat keluarga tersebut tidak betah dan memutuskan untuk pindah.Keel merasa kalau semua kejadian aneh ini berhubungan

Kejadian aneh terus berlanjut.Seorang reporter bernama Mary Hyre, yang bekerja untuk koran dari Ohio, The Messenger yang ditugaskan khusus untuk meliput hal ini mengalami hal aneh. Suatu malam pada bulan januari tahun 1967, saat dia sedang lembur di kantornya yang terletak di pengadilan, seorang pria memasuki ruangannya.Dia sangat pendek, memiliki mata aneh yang ditutupi kacamata tebal, juga rambut panjang yang dipotong berbentuk kotak(seperti potongan bola mangkok, namun yang ini bentuknya kotak).Dia menanyakan arah menuju Welsh, West Virginia, dengan suara rendah dan aneh."Aku rasa dia memiliki semacam gangguan dalam berbicara, dia terus mendekat - dan mendekat, membuatku takut mesti aku tak tahu kenapa aku takut", ujarnya

Ketakutan,dia menelpon manajernya untuk datang ke kantornya.Manajernya datang dan bersama Mary, mereka terlibat dalam dialog dengan pria itu.Tiba - tiba telepon berdering, dan ketika Mary mengangkatnya, dia memperhatikan pria itu mengambil bolpen dari mejanya.Dia melihat bolepen tersebut dengan penuh kekaguman,"seakan dia belum pernah melihat bolpen sebelumnya".Tiba - tiba dia mengambil bolpoin itu, tertawa terbahak - bahak, kemudian lari keluar

Beberapa minguu kemudian, ketika Hyre sedang melewati jalan dekat kantornya, dia melihat pria yang sama.Pria tersebut terlihat terkejut saat manyadari bahwa Hyre melihatnya.Dia lalu berputar lari ke sebuah mobil besar hitam yang tampaknya tidak berada di sana sebelumnya, dia menaikinya, dan segera pergi.

Ketika hal ini berlangsung, mothman telah menghilang.Namun ada satu keanehan lagi yang akan terjadi.Sekitar pukul 5:00 5 sore, 15 Desember , 1967, jembatan sepanjang 700 kaki yang menhubungkan Point Pleasant dan Ohio tiba - tiba ambruk. Lusinan kendaraan langsung hanyut, dan 46 orang meninggal.
 
Pada saat yang sama, keluarga James Lilley (yang masih belum pindah) melihat 12 cahaya melayang di atasnya, lalu hilang ke hutan.

Pada minggu natal, seorang pria berkulit hitam memasuki kantor Mary Hyre. Dia berseragam hitam dan mengenakan dasi hitam. Tulang pipinya panjang , matanya sipit, dan memiliki aksen aneh.Dia rupanya tidak tertarik mengenai hancurnya jembatan itu.Dia malah menanyakan perihal penampakan UFO di aera setempat pada Mary.Karena Mary sedang sibuk, dia menyerahkan kliping dan arsipnya ke orang tersebut.Namun orang tersebut menolak, dan memaksa Mary sendiri yang bercerita.Mary menjadi jengkel dan mengusirnya

Pada malam yang sama, beberapa saksi mata UFO juga didatangi oleh orang tersebut.Orang tersebut membuat para pemilik rumah, entah bagaimana caranya, merasa tidak nyaman.Dia mengaku bahwa dia adalah reporter dari Ohio.Namun ,seorang pemilik rumah yang cerdik, berhasil mengungkap bahwa orang ini bahkan tidak tahu di mana Ohio yang letaknya sangat dekat itu!

Semua rangkaian misteri ini , sayangnya, tetap menjadi misteri hingga sekarang