Update

Indeks Artikel

Tag Terpopuler

BEGINILAH CARA KERJA ALEXA

Rabu, Juni 19, 2013 09:00 WIB
    Bagikan
Salah satu pemeringkat situs yang dijadikan patokan di dunia adalah Alexa.com. Bahkan, beredar rumor bahwa Google pun memakai rekomendasi Alexa untuk menentukan peringkat. Karena itu, para pengelola situs mau tidak mau juga harus memerhatikan peringkat di Alexa.com. Masalahnya, ranking di Alexa tak akan pernah menunjukkan yang sebenarnya (kecuali bagi yang menggunakan jasa certified metric Alexa).
Peringkat di Alexa sesungguhnya hanya didasarkan pada perkiraan saja. Alhasil, suatu ketika situs kita bisa masuk peringkat cukup tinggi, tapi keesokan harinya tiba-tiba bisa anjlok. Bagaimana sih cara kerja Alexa sebenarnya?

Alexa Traffic Rank

Alexa Traffic Rank pada dasarnya adalah peringkat yang didasarkan kepada lalu lintas pengunjung di sebuah situs. Peringkat lalu lintas ini diambil dari sejarah data lalu lintas selama 3 bulan ke belakang. Bagaimana mereka tahu datanya? Bila Anda tidak berlangganan Alexa, data tersebut tentu tidak akan ada.
Kendati begitu, kita bisa membantu Alexa mengumpulkan data lebih akurat dengan cara memakai alat yang disebut Alexa Toolbar. Dengan alat ini mereka jadi punya sumber data lalu lintas dari tiap halaman. Alexa juga bisa menghitung jumlah pengunjung dan page view dari alat tersebut yang nantinya digunakan untuk Alexa Traffic Rank.
Perlu diingat bahwa peringkat lalu lintas Alexa didasarkan pada data yang dikumpulkan sepanjang 3 Bulan ke belakang.

Alexa Toolbar

Bagi mereka yang baru kenal Alexa Toolbar, ini adalah alat yang harus diinstal pengguna di browser mereka untuk mengikuti perkembangan situs dan mengirimkan rincian data situs bagi Alexa. Maka dari itu, program tambahan yang kompatibel untuk Firefox, IE, dan Chrome itu bisa menjadi alat penting bagi pengelola situs untuk memerbaiki peringkat.
Anda bisa mengunduh Alexa Toolbar kami di sini.

Catatan:

Data utama Alexa dikumpulkan berdasarkan data dari Alexa Toolbar. Jadi, semisal situs Anda mendapat 20.000 unique visitor (UV) per hari, sementara hanya 10% dari mereka yang menggunakan Alexa Toolbar, maka Alexa hanya akan mendapatkan data dari 2000 pengunjung. Para pengunjung sisanya mungkin tidak akan dihitung atau boleh jadi Alexa akan melengkapi data dari sumber yang berbeda.
Jadi, peringkat di Alexa sebenarnya tak bisa terlalu diandalkan terlebih lagi soal jumlah lalu lintas sebuah situs. Namun, para pemasang iklan sepertinya masih mengandalkan Alexa sebagai pedoman, sehingga pengelola situs sebaiknya masih memertimbangkan peringkat Alexa mereka.