Indeks Artikel

AL-QURAN TERBERAT DI DUNIA

Kamis, Juli 18, 2013 08:58 WIB
Al-Qur'an Paling Berat di Dunia Ada di Indonesia. Bila tidak mempertimbangkan material yang dipakai dalam menuliskan ayat-ayat suci ini.  Menurut catatan rekor, Al Quran yang menggunakan media kertas dipegang oleh Al Quran seberat 480 kilogram hasil karya Malik Riaz yang diterjemahkan ke dalam bahasa Saraiki.



Al-Qur'an Paling Berat di Dunia - infolabel.blogspot.com



Tetapi bila mengesampingkan jenis media yang dipakai, maka Al Quran terberat ada di Indonesia. Tepatnya di Pondok Pesantren Al-Shiryyah Nurul Iman, di Kampung Waru, Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Kitab suci umat islam ini terbuat dari alumunium dengan berat 1,2 ton dengan ukuran ketebalan mencapai 3 milimeter, lebar 120 centimeter dan panjangnya 150 centimeter.

Al-Qur'an terberat di dunia ini masih berujud lembaran-lembaran dan tersimpan rapih diruangan perpustakaan Ponpes Al-Shiryyah Nurul Iman dan akan dijaga oleh santri-santrinya yang berjumlah 18 ribu orang. Al-Qur'an terberat didunia ini terdiri dari 30 juz, 114 ayat dan 6666 ayat. Sebenarnya, Al-Qur'an ini sama seperti umumnya, hanya saja plat alumunium dan berukuran raksasa.



Al-Qur'an Paling Berat di Dunia - infolabel.blogspot.com



Pembuatan Al-Qur'an terberat di dunia ini proses pengerjaannya memerlukan waktu sekitar 5 tahun (1985 – 1990 ) yang dibuat di daerah kawasan Bintaro, Jakarta. Al-Qur'an dikerjakan secara khusus oleh 9 orang ulama di tanah Jawa dan biaya yang diperlukan mencapai Rp 500 juta.

Sembilan orang ulama saat mengerjakan Alquran tersebut dibarengi dengan melaksanakan ibadah puasa penuh selama 5 tahun. Para ulama ini harus berwudhu dulu, dan jika wudhunya batal, mereka harus mengambil wudhu lagi.



Al-Qur'an Paling Berat di Dunia - infolabel.blogspot.com



Sejumlah pejabat tinggi Republik Indonesia bahkan mantan Presiden RI KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur pernah berniat dan menawarkan diri untuk memiliki Al-Qur'an itu. Begitu juga dengan pejabat dari mancanegara.

Namun permintaan itu ditolak. Karena, Al-Qur'an ini akan menjadi ciri khas pondok pesantren. yang  tempatkan kedalam sebuah ruangan khusus semacam perpustakaan agar mudah dipelajari dan dibaca para santri.