Indeks Artikel

5 Festival Paling Unik Di Dunia

Senin, Desember 16, 2013 05:00 WIB
5 Festival Paling Unik Di Dunia - Dunia memang luas dan unik. Setiap negara mempunyai berbagai macam atraksi dan festival yang lain dari lainnya. Festival ini sebagai salah satu ciri negara tersebut yang juga menjadi atraksi bagi para wisatawan untuk berkunjung ke sana.

Festival sendiri adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa Latin berasal "festa" atau pesta dalam bahasa Indonesia. Jadi festival bisa diartikan sebagau sebuah acara meriah yang diadakan dalam rangka memperingati sesuatu. Nah, negara-negara ini mempunyai festival unik yang mungkin terdengar aneh di telinga Anda.

Mau tau apa saja festival unik yang ada di dunia. Dikutip dari Merdeka.com (19/11/13) Inilah 5 Festival Paling Unik Di Dunia.

1. Festival Kembar (Twins Day)

Festival Kembar (Twins Day)
  (c) Merdeka.com

Seperti namanya, Twins Day adalah festival yang diikuti oleh orang kembar. Festival unik ini berlangsung setiap bulan Agustus di pinggiran Cleveland Twinsburg, Ohio, Amerika Serikat.

Di festival ini, para orang kembar berkumpul dan mengikuti berbagai kegiatan seperti makan-makan, hiburan, turnamen golf, parade orang kembar, pertunjukan bakat, kontes dan masih banyak lagi. Twinsburg sendiri adalah sebuah kota yang diambil dari pendiri kotanya. Awalnya kota ini bernama Millsville sampai sepasang kembar ini datang dan menggantinya. Moses dan Aaron Wilcox adalah sepasang kembar yang menghibahkan 6 hektar tanah mereka untuk lapangan umum kota jika warga sepakat untuk mengubah nama kota tersebut menjadi Twinsburg. Oleh karenanya, kota Millsville pun namanya diubah menjadi Twinsburg.

2. Festival Telanjang


Festival Telanjang
  (c) Merdeka.com

Nah kalau festival yang satu ini memang sungguh terdengar aneh dan unik. Festival telanjang sebenarnya bernama Hadaka Matsuri atau biasa disebut Naked Festival dan berlangsung di Kuil Saidaiji di Okayama. Meskipun namanya festival telanjang, tapi orang yang mengikutinya tidak benar-benar harus telanjang lho.

Mereka masih mengenakan cawat yang dalam bahasa Jepang disebut fundoshi dan beberapa terkadang masih mengenakan mantel pendek. Di festival unik ini, para pria akan berebut jimat kertas - yang disebut Go-o - yang dilemparkan oleh pendeta. Jimat ini dipercaya bisa membawa keberuntungan pemiliknya

3. Festival Pura-Pura Mati


Festival Pura-Pura Mati
  (c) Merdeka.com

La Fiesta de Santa Marta de Ribarteme adalah sebuah festival unik yang diadakan di Las Nieves, kota kecil di bagian barat laut Spanyol. Di sini beberapa orang akan ditidurkan dalam peti mati dan kemudian diarak keliling kota. Mereka bahkan berakting seolah-olah telah meninggal.

Sebenarnya, festival ini awalnya adalah salah satu cara dari gereja Katolik untuk beradaptasi dengan budaya masyarakat lokal. La Fiesta de Santa Marta de Ribarteme digelar pada tanggal 29 Juli setiap tahun dan berlangsung mulai jam 10 pagi.

4. Festival Fasnacht


Festival Fasnacht
  (c) Merdeka.com

Fasnacht adalah salah satu perayaan besar yang berlangsung di Base, Swiss. Biasanya festival ini ada setiap tahun antara bulan Februari dan Maret dan dimulai pada pagi hari sekitar pukul empat pagi. Satu ciri khas dari Fasnacht adalah lentera.

Dalam festival ini, lentera-lentera itu akan diarak keliling kota. Para penabuh drum dan peniup bagpipe mulai memainkan lagu abad pertengahan dan berbaris mengelilingi kota, yang hanya dipandu dengan lentera buatan tangan. Alunan musik akan memenuhi seluruh kota hingga fajar menghilang. Festival unik ini bertujuan untuk mengusir musim dingin agar pergi meninggalkan kota.

5. Festival Dewa Penis


Festival Dewa Penis
  (c) Merdeka.com

Satu lagi yang terakhir adalah Festival unik dari Jepang. Kanamara Matsuri adalah sebuah festival Shinto kuno yang dilakukan untuk menghormati kesuburan, mencegah penyakit seksual yang menular.

Saat festival berlangsung ada sebuah replika alat kemaluan pria yang diarak keliling kota.Acara ini selalu dirayakan pada minggu pertama bulan April di Kawasaki, Jepang. Kemudian diakhiri pada hari Minggu pertama pada bulan April. Selama festival berlangsung, pengunjung bisa membeli berbagai pernak-pernik berbentuk penis. Dan satu lagi, perayaan ini juga digunakan untuk mengumpulkan dana yang nantinya akan dipakai untuk penelitian HIV.

Nah, itulah 5 Festival Paling Unik Di Dunia. Menurut Anda, manakah yang paling unik?