Indeks Artikel

5 Kota Bawah Tanah Paling Keren Di Dunia

Selasa, Desember 10, 2013 05:00 WIB

5 Kota Bawah Tanah Paling Keren Di Dunia



5 Kota Bawah Tanah Paling Keren Di Dunia - Siapa bilang Anda hanya bisa menikmati sebuah kota di permukaan tanah? Beberapa tempat di dunia punya kota bawah tanah, yang bisa dimasuki dan dinikmati wisatawan. Berikut 6 di antaranya.


Dikutip Dari CNN Travel, Selasa (19/11/2013), berikut 5 Kota Bawah Tanah Paling Keren Di Dunia:


1. Coober Pedy, South Australia

Coober Pedy, South Australia
Foto: (Sato Milton Wordley/ CNN Travel)


Kamu harus mengeluarkan sisi 'Hobbit' kalau mau berkunjung ke Coober Peddy. Kota bawah tanah di South Australia ini dihuni 3.000 penduduk. Mereka benar-benar tinggal di bawah tanah lengkap dengan restoran, hotel, dan pertokoan.

Coober Pedy adalah tempat produksi Opal, salah satu jenis batu mulia, terbesar sedunia. Masyarakat setempat kemudian memutuskan untuk bekerja sekaligus tinggal di bawah tanah.


2. Wieliczka, Polandia

Wieliczka, Polandia
Foto: (Wieliczka Salt Mine/ CNN Travel)

Tambang garam Wieliczka di selatan Krakow, Polandia, sudah ada sejak abad ke-13. Anda tak akan menyangka ada kota bawah tanah secantik ini, seperti berada di bangunan yang terbuat dari batu.

Wieliczka memanjang 3,2 Km, namun hanya 2% bagiannya yang bisa dimasuki wisatawan. Beberapa hal yang bisa dilihat antara lain patung, gereja dan katedral yang dipahat sendiri oleh para penambang, dan sebuah ruangan besar dengan lampu gantung yang dibuat dari garam.


3. Cappadocia, Turki

Cappadocia, Turki
Foto: (Tinazay/ Getty Images)

Cappadocia tampak bagai kota yang dipahat di lereng gunung nan gersang. Kota bawah tanah cantik ini dibangun pada abad ke-8, termasuk gua-gua dan ruangan bawah tanah. Tapi Cappadocia tak hanya cantik dilihat dari balon udara, melainkan di bawah tanahnya.

Derinkuyu misalnya, merupakan gua sedalam 60 meter yang mampu menampung 20.000 penduduk bersama kebutuhan sehari-hari mereka. Hampir setengah bagian Derinkuyu terbuka untuk wisatawan. Anda juga bisa menuju gua berikutnya yakni Kaymaklli, dengan melewati terowongan sepanjang 8 Km.

4. Seattle Underground, AS

Seattle Underground, AS
Foto: (Jeremy Reed/ CNN Travel)

Siapa sangka, Kota bawah tanah Seattle di AS berada di kota yang lama. Dulu tahun 1889, kebakaran besar meluluh-lantahkan Seattle. Pemerintah setempat kemudian memutuskan untuk membuat kota baru di atas reruntuhan Seattle.

Anda bisa memasuki Kota Seattle lama lewat tur lengkap dengan pemandu. Jangan lupa abadikan jalan-jalan dan bangunan pertokoan yang cukup utuh!


5. City of Caves, Inggris

City of Caves, Inggris
Foto: (Visit England/ CNN Travel)

Siapa sangka, di dalam sebuah mal terdapat pintu masuk menuju kota bawah tanah. Ya, inilah yang akan Anda temukan kalau memasuki Broadmarsh Shopping Center di Nottingham, Inggris.

Kota bawah tanah ini digunakan sebagai tempat tinggal mulai abad ke-11 sampai tahun 1984. Sampai saat ini, para arkeolog masih menggali untuk menemukan gua baru. Anda bisa memasukinya lewat tur lengkap dengan pemandu.

Nah, itulah 5 Kota Bawah Tanah Paling Keren Di Dunia semoga menambah wawasan anda.

Baca Juga #5 Tempat Untuk Berburu Harta Karun Di Dunia.