Indeks Artikel

10 Fakta Unik Tentang Tenggelamnya Kapal Titanic

Senin, April 14, 2014 23:40 WIB

10 Fakta – ANDA mungkin sudah tahu bahwaTitanic menabrak gunung es pada tanggal 14 April 1912 pukul 23:40 dan kapal ini tenggelam lebih dari dua setengah jam kemudian, tetapi apakah Anda tahu sepuluh fakta-fakta berikut tentang Titanic?

1. Awalnya, lifeboat drill (atau latihan penyelamatan diri) dijadwalkan berlangsung di kapal Titanicpada tanggal 14 April 1912 -hari ketika Titanicmenabrak gunung es. Namun, karena alasan yang tidak diketahui, Kapten Smith membatalkan latihan. Banyak orang percaya bahwa jika latihan itu dilakukan, akan lebih banyak nyawa yang bisa diselamatkan.



2. Pada saat pengintai menyalakan alarm waspada, petugas hanya memiliki waktu 37 detik untuk bereaksi sebelum Titanicmenabrak gunung es. Pada waktu itu, First Officer Murdoch memerintahkan untuk membanting kemudi ke kiri. Dia juga memerintahkan kru di ruang mesin untuk menjalankan mesin secara terbalik. Titanicbisa menepi ke kiri, tapi itu tidak cukup untuk menghindari tabrakan.

3. Titanic tampaknya memiliki segalanya di kapal, termasuk surat kabar sendiri. Atlantic Daily Bulletindicetak setiap hari di atas kapal Titanic. Surat kabar itu memuat berita, iklan, harga saham, hasil pacuan kuda, gosip masyarakat, dan menu hari ini.

4. Bukan hanya tidak ada cukup sekoci untuk menyelamatkan semua orang di kapal, namun sebagian besar sekoci yang diluncurkan dari kapal Titanictidak terisi penuh. Misalnya, sekoci pertama yang diluncurkan, Lifeboat 7, hanya berisi 24 orang walaupun memiliki kapasitas 65 orang (dua orang tambahan kemudian dipindahkan ke Lifeboat 7 dari Lifeboat 5). Namun, Lifeboat 1 adalah sekoci yang membawa paling sedikit orang, yakni hanya tujuh awak dan lima penumpang (total 12 orang) walaupun memiliki kapasitas 40 orang.

5. Meskipun sebagian besar penumpang harus berbagi kamar mandi (hanya dua rangkaian kamar di kelas pertama yang memiliki kamar mandi pribadi), kelas tiga hanya memiliki dua bak mandi untuk lebih dari 700 penumpang.

6. Ketika Titanic mulai mengirimkan sinyal marabahaya, kapal Californianadalah kapal terdekat ketimbang kapal Carpathia; namun kapal Californiantidak merespon sinyal itu sampai mereka terlambat untuk membantu. Pada tanggal 15 April 1912 pukul 12:45, anggota awak kapal Californian melihat cahaya misterius di langit (kembang api marabahaya yang dikirim dari Titanic) dan membangunkan kapten mereka untuk menceritakan kejadian itu. Sayangnya, sang kapten tidak mengeluarkan perintah. Karena operator nirkabel kapal sudah tidur, kapal Californian tidak tahu bahwa itu adalah sinyal marabahaya dari Titanicsampai pagi hari pada saat kapal Carpathiasudah mengevakuasi semua korban selamat. Banyak orang percaya bahwa jika kapal Californianmenanggapi sinyal marabahaya Titanic, banyak nyawa yang bisa diselamatkan.

7. Meski diperintahkan agar mendahulukan perempuan dan anak-anak naik ke sekoci, ditambah kenyataan bahwa tidak ada cukup sekoci untuk mengangkut semua orang dari kapal Titanic, sedikit mengejutkan bahwa ada dua ekor anjing yang berhasil masuk ke sekoci. Dari sembilan anjing di kapal Titanic, dua anjing yang berhasil diselamatkan adalah anjing Pomeranian dan anjing Peking.

8. Tampilan ikonik kapal Titanicjelas menunjukkan bahwa ada empat cerobong asap berwarna krem dan hitam. Tiga cerobong memang digunakan untuk mengeluarkan uap dari boiler, namun cerobong keempat hanyalah untuk pemanis saja. Para desainer berpikir bahwa kapal ini akan terlihat lebih mengesankan dengan empat cerobong ketimbang tiga cerobong.

9. R.M.S. Titanicadalah Royal Mail Ship, yang berarti Titanicsecara resmi bertanggung jawab untuk mengirimkan surat untuk layanan pos Inggris. Kapal Titanicadalah Sea Post Office yang memiliki lima pegawai pos (dua orang Inggris dan tiga orang Amerika). Pegawai pos ini bertanggung jawab atas 3.423 karung surat (tujuh juta surat) di kapal Titanic. Menariknya, meskipun tidak ada surat yang bisa diselamatkan dari puing Titanic, jika ada, U.S. Postal Service masih akan mencoba untuk mengantarkannya, karena sebagian besar surat-surat itu dikirim ke AS.

10. Pada tanggal 17 April 1912, sehari sebelum korban selamat Titanic sampai di New York, kapal Mackay-Bennett dikirim dari Halifax, Nova Scotia, untuk mencari mayat. Di dalam kapal Mackay-Bennett ada perlengkapan pembalseman, 40 orang pembalsem, berton-ton es, dan 100 peti mati. Meskipun Mackay-Bennettmenemukan 306 mayat, 116 mayat sudah terlalu rusak untuk dibawa kembali ke daratan. Upaya dilakukan untuk mengidentifikasi setiap tubuh yang ditemukan. Kapal tambahan juga dikirim untuk mencari mayat. Secara keseluruhan, 328 mayat ditemukan, tetapi 119 di antaranya rusak parah dan terpaksa dikuburkan di laut.