Indeks Artikel

7 Mesjid Paling Cantik Di Pakistan

Sabtu, Mei 10, 2014 05:00 WIB
7 Mesjid Paling Cantik Di Pakistan - Masjid adalah tempat untuk beribadah bagi umat muslim. Ada yang usianya sudah ratusan tahun dan masih berdiri dengan megah hingga kini. Ada beberapa negara yang kaya akan masjid, seperti Indonesia. Baik masjid dalam ukuran besar maupun kecil.

Salah satu negeri yang kaya dengan budaya Islami dan masjid adalah Pakistan. Kebanyakan masjid di negeri ini memiliki bentuk yang mengesankan dan punya sejarah yang unik. Bahkan umat non muslim pun mengakui keindahan masjid di Pakistan.

Dilansir dari Wonderlist, inilah 7 Mesjid Paling Cantik Di Pakistan :


Sunehri Masjid, Lahore


Mesjid Paling Cantik



Masjid Sunehri adalah masjid yang dari kejauhan akan terlihat seperti istana di negeri Aladin. Di dalam masjid ini konon terdapat makam yang disepuh emas dan menara tinggi yang dibangun oleh Nawab Syed Bhikari Khan pada 1735.

Masjid ini dibangun pada jaman kerajaan Mughal. Nawab Syed Bhikari Khan sendiri adalah wakil gubernur Lahore ketika masjid ini dibangun. Wah, walau sudah sekitar 300 tahun usianya, namun masjid ini masih tetap kokoh berdiri.


Masjid Moti


Mesjid Paling Cantik


Moti Masjid adalah sebuah masjid yang disebut sebagai salah satu Pearl Mosque. Masjid yang warnanya didominasi putih dan krem ini adalah masjid mungil buatan Shah Jahan pada abad ke 17. Juga dibangun di daerah Lahore.

Bila Anda masuk ke dalamnya, Anda akan disambut pilar-pilar kokoh dan lantai putih licin bak porselen. Suasananya tenang dan mendamaikan. beberapa orang bahkan sholat di sini dengan langsung beralaskan lantai.


Masjid Eid Gah


Mesjid Paling Cantik


Masjid Eid Gah juga dibangun pada abad 17. Bangunan yang sudah cukup tua ini dibuat oleh Gubernur Nawab Abdul Samad Khan.

Dari luar Anda akan disambut dengan bangunan yang kelihatan normal dan wajar saja. Namun di dalamnya, adalah masjid yang megah dan arsitekturnya sangat kaya akan ornamen dan mozaik. masjid ini juga dimahkotai 7 kubah yang membuatnya makin megah nan gagah.


Wazir Khan Mosque, Lahore


Mesjid Paling Cantik


Masjid yang satu ini tak kalah apiknya dengan bangunan kaya akan ornamen di Prancis. Untuk membangun masjid ini saja, pemerintahan abad 17 membutuhkan waktu selama 7 tahun.

Setiap sisi dan sudut bangunan masjid ini menggunakan ubin terbaik pada era Mughal. Jadi jangan heran saat Anda masuk ke sana dan melihat keindahan masjid yang luar biasa.


Masjid Bhong


Mesjid Paling Cantik


Masjid Bhong ini terletak di wilayah pedesaan Pakistan, tapi interiornya lebih mewah daripada yang Anda kira. Untuk membuat masjid ini diperlukan waktu hampir setengah abad.

Bila Anda memasuki masjid ini, maka Anda akan melihat suasana yang royal dan cerah. Arsitekturnya berhiaskan daun emas dengan pola yang rumit namun tetap terlihat indah. Apalagi dengan kaligrafi yang makin membuat suasana masjid lebih religius.


Masjid e Tooba, Karachi


Mesjid Paling Cantik


Masjid yang terletak di Karachi ini dibangun pada tahun 1969. Bentuknya sangat unik dengan kubah raksasa yang menaungi bangunan intinya. Di hadapannya ada sebuah kolam air mancur nan bening.

Masjid indah dan megah ini bisa menampung hingga 5000 jamaah. Masjid ini termasuk sebagai masjid terbesar nomor 18 di dunia.


Faisal Mosque, Islamabad


Mesjid Paling Cantik


Masjid yang satu ini juga sangat unik dan menawan. Apalagi ketika malam hari, lampu-lampu mulai dinyalakan dan membuatnya kelihatan indah. Masjid Faisal adalah masjid terindah di Pakistan.

Masjid ini tak banyak memiliki kubah seperti masjid tradisional pada umumnya. Desain yang mereka gunakan diambil dari tradisi Turki dengan beberapa menara yang mirip batang pensil.