Indeks Artikel

10 Fakta Menarik Tentang Stres

Jumat, September 19, 2014 05:00 WIB

10 Fakta Menarik Tentang Stres



Semua orang pasti pernah merasakan stres dalam hidupnya. Hampir tak mungkin seseorang tak pernah mengalami stres, sekecil apapun. Stres bisa menyebabkan perubahan pada tubuh, juga pada kesehatan mental. Stres tentu tak bisa diabaikan. Stres jenis ringan bisa diatasi dengan cara cara alami namun jika sudah sampai tahap yang kronis, sebaiknya segera cari bantuan ahlinya.


Berikut adalah 10 Fakta Menarik Tentang Stres seperti dilansir oleh Mag for Women.


1. Ketika stres, pupil mata seseorang akan melebar. Ini karena tubuh mendapatkan sinyal tentang apa yang terjadi dan memberikan reaksi semacam itu.

2. Stres bisa menyebabkan rambut rontok. Berbeda dari mitos bahwa stres bisa menyebabkan rambut berubah, sebenarnya stres bisa menyebabkan rambut rontok.

3. Stres juga bisa mempengaruhi kesehatan kulit dan membuat Anda terlihat lebih tua. Sebuah penelitian terbaru mengungkap bahwa stres bisa menurunkan kesehatan kulit.

4. Tertawa akan menurunkan tingkat hormon stres yaitu adrenaline dan cortisol. Jadi ketika tertawa, sebenarnya Anda juga sedang menurunkan tingkat stres dalam tubuh. Tertawa juga membantu meningkatkan kesehatan Anda dengan meningkatkan hormon lain dalam tubuh.

5. Stres berpengaruh pada jerawat Anda. Jerawat memang muncul akibat kotoran yang terperangkap dalam pori pori kulit. Namun stres juga bisa mempengaruhi jerawat. Stres akan menyebabkan peradangan yang meningkatkan produksi sebum dan mempengaruhi jerawat di wajah Anda.

6. Stres juga dikenal dengan sebutan silent killer atau pembunuh yang diam diam. Semakin banyak orang yang terkena stres namun tak menyadarinya. Stres akan memicu tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan diabetes.

7. Dipercaya bahwa stres juga bisa membuat darah mengental. Ini tentunya buruk untuk tubuh karena bisa menyebabkan pembekuan darah dan penyumbatan pembuluh darah.

8. Stres akan mempengaruhi tingkat gula dalam darah. Ini bisa memicu kondisi seperti mood yang labil dan rasa lemah pada tubuh. Stres yang berlebihan juga bisa menyebabkan gula darah naik.

9. Stres mempengaruhi aliran darah dalam tubuh. Ketika seseorang merasa stres, mereka akan mengalami sakit kepala. Salah satunya adalah sakit kepala yang seperti ditekan tekan akibat dari kondisi stres yang kronis.

10. Stres yang kronis akan menyebabkan masalah seperti insomnia dan apnea tidur. Jika Anda mengalaminya, sebaiknya mulai perhatikan tingkat stres dalam diri Anda.


Nah, itulah 10 Fakta Menarik Tentang Stres. Sebuah survei terbaru juga mengungkap beberapa jenis pekerjaan yang paling membuat stres, antara lain pilot, jurnalis, dan akuntan. Apakah Anda memiliki salah satu dari pekerjaan tersebut?



Sumber : merdeka.com