Indeks Artikel

10 Mamfaat Sehat Memelihara Hewan

Senin, September 22, 2014 05:00 WIB

10 Mamfaat Sehat Memelihara Hewan


Mamfaat Sehat Memelihara Hewan

Kucing, anjing, ikan, atau burung memiliki bentuk wajah dan tingkah yang lucu. Sehingga tidak jarang maka Anda pun ingin memeliharanya sebagai teman di rumah. penelitian telah menunjukkan bahwa mereka yang memiliki hewan peliharaan mendapatkan berbagai macam manfaat kesehatan baik fisikal, emosional, maupun mental.


Berikut adalah 10 Mamfaat Sehat Memelihara Hewan yang wajib untuk Anda ketahui Seperti yang dilansir dari healthmeup.com :


1. Meningkatkan kesehatan jantung

Sebuah penelitian kesehatan menunjukkan bahwa orang yang memiliki hewan peliharaan sendiri akan turun tingkat tekanan darahnya serta tingkat trigliserida. Kedua hal ini bermanfaat untuk menurunkan tingkat kolesterol sehingga mereka mungkin dapat terhindar dari penyakit jantung dibandingkan dengan mereka yang tidak memelihara hewan.


2. Mencegah alergi

Poin ini mungkin mengejutkan. Sebab banyak yang berpendapat bahwa hewan peliharaan mampu memicu alergi dan gangguan pernapasan seperti asma. Namun sebenarnya, anak anak yang tumbuh di rumah dengan hewan peliharaan berbulu seperti kucing dan anjing justru cenderung mengembangkan resistensi dalam rubuh terhadap alergi dan asma di usia dini.


3.Menurunkan tingkat stres

Stres adalah awal dari datangnya depresi. Sehingga jika Anda bisa menurunkan tingkat stres dengan memelihara hewan, maka Anda dapat terhindar dari depresi. Memelihara hewan sendiri dapat menurunkan tingkat stres. Salah satu alasannya adalah ketika Anda membelai hewan peliharaan, maka tingkat sensorik Anda naik dan stres menurun.


4. Meningkatkan kemampuan bersosialisasi

Hewan peliharaan bisa berfungsi sebagai ice breaker atau pemecah keheningan ketika Anda sedang mencoba bersosialiasi dengan orang yang baru Anda kenal. Selain itu tanpa disadari, dengan membawa hewan peliharaan Anda berjalan jalan keliling lingkungan rumah, maka Anda bisa berkenalan dengan tetangga Anda.


5. Membuat Anda bahagia

Bermain dengan hewan peliharaan dapat meningkatkan produksi hormon serotonin dan dopamine di dalam otak. Kedua hormon ini dikenal dapat membuat Anda merasa bahagia, tenang, dan lebih santai.


6. Menurunkan berat badan

Sedang ingin menurunkan berat badan? Kenapa Anda tidak coba memanfaatkan hewan peliharaan Anda sendiri? Olahraga yang selama ini terasa membosankan akan berubah menjadi aktivitas yang menyenangkan ketika Anda melakukannya dengan hewan peliharaan Anda.


7. Pemulihan sakit lebih cepat

Hewan peliharaan dapat membantu para pemiliknya yang sedang dalam proses penyembuhan untuk sembuh lebih cepat. Selain itu hewan peliharaan mampu memotivasi mereka yang sedang sakit untuk segera sembuh. Sebab mereka berpikiran bahwa mereka harus segera sembuh agar mereka dapat mengurus hewan peliharaan mereka. Hewan juga mampu membuat pemiliknya lebih panjang umur.


8. Membantu penderita autis lebih aktif

Orang dengan autisme atau memiliki kemampuan motorik yang lemah akan lebih mudah untuk berhubungan dengan hewan peliharaan dibandingkan dengan mereka yang normal. Sehingga kemampuan berkomunikasi mereka pun akan meningkat. Selain itu, hewan peliharaan mampu membantu mereka untuk tetap waspada, meningkatkan kepercayaan diri mereka, serta mengurangi rasa depresi yang sering mereka derita. Pada akhirnya, kemampuan berkomunikasi penderita autis pun akan meningkat.


9. Menyembuhkan penderita Alzheimer

Stres dan depresi yang diderita oleh penderita Alzheimer dapat berkurang karena hewan peliharaan. Penderita penyakit ini pun juga akan memiliki proses penyembuhan yang lebih cepat sebab ketika berkomunikasi dengan hewan daripada dengan manusia, tidak ada komunikasi verbal yang terlibat.


10. Meningkatkan kesehatan secara keseluruhan

Karena memiliki hewan peliharaan bisa meningkatkan kesehatan dari segala aspek, maka kesehatan Anda secara keseluruhan pun bisa meningkat. Penelitian kesehatan menunjukkan bahwa mereka yang berusia di atas 65 tahun dan memiliki hewan peliharaan, mengunjungi dokter 30% lebih sedikit dibandingkan dengan mereka yang tidak memelihara hewan.

Nah, itulah 10 Mamfaat Sehat Memelihara Hewan. Jadi, apakah Anda sudah memikirkan hewan apa yang ingin Anda pelihara? Namun ingatlah untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatannya.



Sumber : merdeka.com