Indeks Artikel

5 Pertanyaan Paling Aneh Saat Interview

Jumat, September 19, 2014 14:00 WIB

5 Pertanyaan Paling Aneh Saat Interview


Pertanyaan Aneh Saat Interview

Interview kerap kali membuat seseorang menjadi deg degan. Bukan hanya masalah penampilan dan performa yang meyakinkan, namun sebuah pertanyaan mematikan yang bisa menjebak dan tak kita siapkan jawabannya. Hal ini memang seringkali menjadi trik psikologis yang digunakan dalam sebuah interview. Ada yang menggunakannya untuk mengetes kekuatan mental kerja kita dan ada juga yang ingin menggali lebih dalam mengenai pribadi kita. Seringnya pertanyaan ini agak unik dan aneh, tapi cukup menentukan apakah kita diterima atau tidak dalam pekerjaan itu.


Berikut adalah 5 Pertanyaan Paling Aneh Saat Interview :


1. Anda Ingin Jadi Superhero Apa Dan Kenapa?

Bila Anda menjadi superhero, Anda ingin menjadi siapa dan mengapa demikian? 

Pertanyaan seperti di atas bisa menunjukkan power dan intelektualitas Anda. Superhero atau pahlawan idola kita menunjukkan sesuatu yang ada dalam inner beauty kita. Selain itu, hal ini juga memperlihatkan sikap kita akan sebuah tanggung jawab. Bagaimana kita ingin dilihat, bagaimana kita ingin dihargai dan sejauh mana usaha kita dalam melakukan sesuatu. Anda pasti punya superhero idola. Entah itu pahlawan masa kecil, tokoh berpengaruh atau pahlawan sejarah.


2. Dalam 15 Menit, Jelaskan Fungsi Benda Ini

Anda punya waktu 15 menit untuk menjelaskan apa yang bisa dilakukan dengan batu bata?


Orang yang kreatif tentu tak akan diposisikan pada job desc yang rutin dan butuh ketelatenan. Pertanyaan di atas bisa memperlihatkan apakah Anda orang yang pasif atau aktif. Kreativitas dan inisiatif juga bisa dilihat dari jawaban Anda. Serta bagaimana Anda menggunakan waktu untuk menjelaskan dan respon Anda pada sebuah masalah. Apakah Anda cepat menemukan solusi atau butuh waktu untuk berpikir, semua bisa dilihat dari pertanyaan semacam ini.


3. Kelebihan Yang Tak Anda Miliki

Dalam 3 menit, sebutkan sifat baik apa yang tidak Anda miliki?

Self esteem dan kepercayaan diri memang bisa dilihat dari penampilan, namun tidak menyeluruh. Maka dengan pertanyaan ini, interviewer bisa melihat celah celah yang kita tutupi. Kebiasaan kebiasaan juga bisa tergambarkan dari jawaban ini. Sikap, manajemen waktu, kooperasi dengan orang lain dan sejenisnya. Anda tak harus mengarang jawaban untuk pertanyaan ini. Cukup fair dalam menjawab pertanyaan sejenis ini bisa membuat Anda mendapatkan pekerjaan dan posisi yang lebih kondusif. Meski ada juga yang hanya menggunakan pertanyaan ini sebagai formalitas saja untuk mengenal kita secara umum. 


4. Binatang Apa Yang Melambangkan Anda?

Kalau Anda adalah binatang, jenis apa yang paling sesuai menggambarkan Anda? 

Binatang memiliki sifat yang mudah dikategorikan. Nah, dengan pertanyaan ini, interviewer bisa mengamati bagaimana Anda melihat diri Anda sendiri. Cara menilainya bisa dilihat dari besar kecilnya hewan itu, sifat alamiah dari hewan tersebut dan kebiasaan hewan. Misalnya binatang kecil dan lucu seperti kelinci. Menggambarkan Anda adalah orang yang tidak agresif. Apakah Anda tipikal yang kurang suka tekanan, minder, pemberani atau suka tantangan, juga bisa dilihat dari pertanyaan sederhana ini.


5. Like a Boss

Kalau Anda menjadi pimpinan di perusahaan ini, bagaimana Anda akan menjalankannya? 


Pertanyaan ini bisa memperlihatkan jiwa kepemimpinan dalam diri Anda. Selain itu, juga melihat bagaimana Anda bekerja secara tim dan apakah Anda mendominasi atau cukup demokratis dalam bekerja. Mendominasi atau tidak bukan hal yang salah. Karena bila perusahaan membutuhkan pemimpin yang asertif, biasanya mereka tidak masalah dengan calon karyawan yang ambisius dan berkemauan keras. Pemikiran yang terstruktur dan visi misi Anda dalam bekerja juga bisa dilihat di sini. Apakah Anda orang yang statis, taat aturan atau berani out of the box.



Sumber : vemale.com