Indeks Artikel

4 Hukuman Paling Unik Ospek Di Indonesia

Jumat, Oktober 24, 2014 07:07 WIB
dodkop.blogspot.com - Pernah sekolah dan kuliah pastinya sudah pernah mengalami kegiatan Ospek ( Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus ) sampai MOS ( Masa Orientasi Siswa ). Prosesi ini bisa dibilang sudah menjadi tradisi ketika kita mulai memasuki tempat pendidikan yang baru.

Ospek atau MOS biasanya dilakukan oleh para senior yang tak sedikit sering menyiksa para juniornya dengan hukuman fisik dan non fisik. Namun tak jarang banyak hukuman yang unik dan terasa konyol bila dilakukan. Sebab kebanyakan hukuman itu juga tak dikatakan lazim jika dilakukan setiap harinya.

Berikut adalah 4 Hukuman Paling Unik Ospek Di Indonesia :


1. Rambut dipotong gundul, bernyanyi di depan guru

Hukuman Paling Unik Ospek Di Indonesia


Rambut dipotong gundul, bernyanyi di depan guru. Hukuman Ospek ini biasanya terjadi saat kita berada di bangku SMA. Biasanya ini berlaku pada laki-laki. Setelah kedapatan melanggar peraturan Ospek/MOS, biasanya junior akan dipotong rambutnya sampai plontos.

Tak sampai disitu, para junior yang sudah gundul itu lalu disuruh datang menemui guru dan bernyanyi di depan guru itu sendiri. Lagu yang disuruh dinyanyikan biasanya lagu wajib Indonesia atau malah lagu daerah. Tak jarang para junior akan dipaksa menyanyi di depan guru sambil berjoget dan tetap diawasi oleh para senior seniornya.


2. Hormat tiang bendera seharian

Hukuman Paling Unik Ospek Di Indonesia

Selain rambut dipotong gundul, masih ada hal paling konyol ketika mengikuti Ospek/MOS saat duduk di bangku sekolah. Hukuman itu adalah berdiri di tengah lapangan sekolah lalu hormat menghadap tiang bendera menurut waktu yang telah ditentukan oleh para senior. Hukuman hormat kepada tiang bendera ini tak terkecuali pada laki-laki saja. Para siswi yang terbukti melakukan pelanggaran sewaktu Ospek/MOS tetap dikenakan hukuman tersebut.


3. Bawa tas kantong terigu dan pakai kaos kaki beda warna

Hukuman Paling Unik Ospek Di Indonesia

Nah, kalau hukuman aneh ini tak hanya berlaku saat bangku sekolah saja, namun juga diterapkan saat Ospek/MOS saat kita masuk jenjang pendidikan kuliah. Biasanya, sejak awal masuk mengikuti Ospek/MOS para junior sudah disuruh menyiapkan tas kantong yang terbuat dari kantong terigu. Bahkan kaos kaki panjang selutut tak lupa harus dibawa juga.

Ketika terbukti melakukan pelanggaran saat berkegiatan, senior akan menghukum juniornya dengan mengenakan semua barang barang nyeleneh itu. Para junior yang mengenakan tas kantong terigu dan kaos kaki beda warna itu biasanya juga ditambah hukuman lari berputar lapangan sekolah atau kampus.


4. Minta tanda tangan dan foto bareng seluruh teman angkatan

Hukuman Paling Unik Ospek Di Indonesia

Hukuman ini setidaknya jauh lebih ringan ketimbang disuruh hormat tiang bendera seharian di lapangan ataupun memakai tas kantong terigu dan kaos kaki beda warna. Ya, minta tanda tangan dan minta foto bareng kepada teman seangkatan.


Sumber : merdeka.com