Indeks Artikel

7 Tipe Penguna Sosial Media

Jumat, November 21, 2014 07:56 WIB

Tipe Penguna Sosial Media

dodkop.blogspot.com - Kamu pasti punya satu atau dua dari jejaring sosial yang sedang populer saat ini. Entah itu Twitter, Facebook, LinkedIn, atau Instagram. Saat menjelajahi jejaring sosial, pastinya kamu sering menemui jenis orang yang berbeda-beda. Ada yang hobi share link berita dan artikel, ada yang rajin mengupdate status dengan detail kehidupan pribadi, dan ada pula yang menjadikan jejaring sosial sebagai ajang narsis. Jejaring sosial memang tempatnya orang-orang dengan beragam tipe kepribadian berkumpul.

Berikut adalah 7 Tipe Penguna Sosial Media berdasar hasil survei online yang dilakukan oleh First Direct :


1. Pengguna pasif

Orang-orang seperti ini biasanya memiliki satu atau dua akun jejaring sosial, semata-mata agar tidak dikatai kudet atau ketinggalan zaman. Tetapi akun Facebook dan Twitter mereka hampir tidak pernah dibuka. Jangankan status, profil saja tidak pernah diperbarui sejak beberapa tahun yang lalu.

Mereka ini biasanya memang termasuk orang yang tidak terlalu ingin tahu urusan orang lain, atau lebih suka mengikuti perkembangan berita dari media-media konservatif seperti koran dan siaran berita di televisi.


2. Si pengintai

Lebih dari 45 persen pengguna Facebook yang disurvei mendeskripsikan diri mereka sebagai si pengintai. Mereka ini termasuk pengguna pasif, tetapi bisa dikatakan masih lebih aktif daripada orang-orang di kategori pertama tadi.

Mereka rajin update perkembangan terbaru di Facebook atau Twitter, hobi mengecek timeline untuk mengetahui kabar terbaru tetapi jarang mengupdate status, berkomentar, atau bahkan share link.


3. Ultras

Mereka ini termasuk orang yang mengakui kalau jejaring sosial merupakan bagian penting dari rutinitas sehari-hari. Para ultra menghabiskan lebih dari 2 jam sehari untuk mengecek feed di Facebook atau Twitter. Mereka selalu mengecek apakah ada notifikasi masuk setiap beberapa jam sekali.


4. Tukang ngomel

Kamu pasti sering menjumpai orang seperti ini mampir di timelinemu. Orang-orang yang hobi mengeluh atau meluapkan emosi di jejaring sosial. Status mereka biasanya panjang lebar dan hampir selalu berisi ketidakpuasan, keluhan, atau curcol. Tampaknya orang-orang ini memang sengaja memanfaatkan jejaring sosial sebagai sarana untuk melepaskan stres.


5. Si hantu

Orang-orang ini termasuk aktif di jejaring sosial. Rajin share berita, rajin update status, dan cukup aktif berkomentar. Tetapi mereka membagi informasi pribadi seminimal mungkin. Profil akun mereka tidak bisa dibaca sembarang orang dan sedikit sekali informasi tentang si pemilik yang bisa didapat dari sana. Bahkan foto dan nama akunnya pun sengaja disamarkan. Orang-orang seperti ini lebih suka menjaga anonimitas di dunia maya untuk mencegah hal-hal tidak diinginkan.


6. Informan

Tipe yang satu ini juga sangat aktif di jejaring sosial. Tetapi bukan buat update status atau profil. Mereka lebih suka share berita atau artikel yang mereka anggap bermanfaat atau menarik kepada teman-teman dan follower.


7. Si narsis

Kalau yang satu ini pasti kamu sudah hapal. Orang-orang yang hobi pamer foto-foto pribadi. Tak cuma makanan dan foto saat liburan, wajah tanpa makeup sehabis bangun tidur dan luka di dengkul pun bisa jadi foto narsis.

Nah, Itulah 7 Tipe Penguna Sosial Media. Kalau kamu termasuk yang mana?

Sumber : merdeka.com