Indeks Artikel

5 Virus Komputer Paling Berbahaya Di Dunia

Rabu, Desember 03, 2014 07:25 WIB
dodkop.blogspot.com - Bagi sebagian orang, bekerja di depan komputer atau laptop adalah sebuah rutinitas. Internet jelas tak akan pernah ketinggalan. dari internet yang terhubung pada laptop, komputer, atau bahkan smartphone sekalipun, selalu memiliki banyak nilai positif dan negatif. Nilai positif jelas dapat meringankan pekerjaan Anda.

Sementara salah satu nilai negatifnya adalah perangkat Anda akan disatroni virus. Bahkan virus tersebut ada yang sifatnya sangat berbahaya. Sebagian besar orang tidak tahu dan tidak peduli dengan virus. Padahal virus komputer ini dapat menghilangkan beberapa file-file penting di dalam memori. Ada pula yang langsung mematikan sistem komputer sehingga tidak dapat dinyalakan lagi.

Berikut adalah 5 Virus Komputer Paling Berbahaya Di Dunia seperti yang dikutip dari merdeka.com :


1.Code Red

Virus Komputer Paling Berbahaya Di Dunia


Pada tahun 2001, virus ini muncul di China dari sumber yang belum diketahui. Tidak seperti kebanyakan virus lainnya yang menyebar melalui email, Code Red menyebar melalui web browser. Target yang diserang akan menjadi tuan rumah situs web kemudian bakal menularkan virus kepada para pengunjung, lantas tulisan situs akan berganti dengan teks sederhana 'Hacked China!'. Menurut penelitian terakhir, virus ini sudah menyebar ke 400 ribu server di seluruh dunia, termasuk erb server White House dan menyebabkan kerugian sebesar USD 2,6 miliar.


2. Conficker

Virus Komputer Paling Berbahaya Di Dunia

Conficker adalah worm komputer yang menargetkan sistem operasi Microsoft. Virus ini muncul pertama kali pada tahun 2008. Sangat sulit untuk mendeteksi, sebab Conficker dapat menyebar melalui email, USB drive, hard drive internal, atatu bahkan smartphone. Setelah terinfeksi, worm akan menghubungkan komputer dan botnet, jaringan yang terhubung dari komputer zombie yang dapat digunakan untuk serangan DoS guna mengumpulkan informasi keuangan penting.


3. Storm Worm

Virus Komputer Paling Berbahaya Di Dunia

Storm Worm adalah virus yang berfungsi seperti Conficker, yakni menginfeksi komputer dan mengubahnya menjadi zombie untuk berpartisipasi dalam botnet. Virus ini mulai menyebar pada tahun 2006 lalu melalui email dengan baris subjek '230 dead as storm batters Europe'. Segera setelah itu akan banyak pemberitahuan tentang berita buruk, termasuk perang dunia ketiga telah dimulai. Dengan cepat virus iu menyebar ke seluruh internet hingga menyebabkan sebanyak 8 persen komputer dunia terkena malware ini. Setidaknya sudah ada sekitar 10 juta unit komputer PC terjangkit virus ini.


4. ILOVEYOU

Virus Komputer Paling Berbahaya Di Dunia

Virus ILOVEYOU menyebar melalui email dan datang dengan subjek bertuliskan ILOVEYOU. Tak hanya itu, terlampir pula file bernama 'Love-Letter-For-You.TXT.vbs'. Saat pengguna membuak file ini, maka dengan cepat virus akan menyebar. Tahun 2000 lalu, kesadaran akan adanya virus ini cukup rendah. Sebab orang banyak yang tertarik ingin tahu siapa yang 'jatuh cinta' kepadanya. padahal itu adalah sebuah virus. ILOVEYOU berasal dari Filipina dan meneybabkan kerugian hingga mencapai USD 5,5 miliar. Fantastis!!


5. Mydoom

Virus Komputer Paling Berbahaya Di Dunia

Adalah worm komputer yang paling cepat menyebar dalam sejarah virus. Sampai hari ini pun, tidak ada yang tahu siapa yang menciptakan virus Mydoom. Januari 2004, virus ini memulai debutnya di internet. Hanya butuh waktu 24 jam saja, jutaan komputer di seluruh dunia terinfeksi berdasarkan email. Mydoom menciptakan botnet besar yang juga melakukan seranagan DDoS pada raksasa internet sekelas Microsoft dan Google hingga dalam beberapa hari situs mereka pun down!. Dari data yang didapat, untuk memulihkan serangan Mydoom membutuhkan biaya sebesar USD 38 miliar!.

Sumber : merdeka.com