Indeks Artikel

10 Simbol Tato Kuno dan Maknanya

Kamis, April 07, 2016 06:38 WIB



Sebuah simbol dari Wiccan/Pagan yang berbentuk bintang pentakel. Simbol ini memiliki 5 poin terdiri dari empat penjuru arah yaitu Utara, Selatan, Timur, dan Berat, serta menunjuk ke diri sendiri. Sementara simbol lingkaran berfungsi untuk menggabungkan semua elemen ini. Oleh sebab itu dapat dikatakan bahwa simbol lingkaran berfungsi untuk persatuan dan menghubungkan berbagai kehidupan dalam sehari-hari.




Simbol ini merupakan hasil dari proses perpaduan budaya yang berbeda, antara Kristen, Celtic, dan Pagan. Nama simbol ini adalah Triquetra yang dalam bahasa latin berarti tiga sudut. Awalnya masing-masing simbol ini berdiri sendiri-sendiri, setelah ketiganya digabungkan maka bermakna kasih yang kekal, perlindungan, dan suatu kestuan atau dapat pula berarti Bapa, Putera, dan Roh Kudus.


Runes merupakan nama tato yang berasal dari bahasa Jerman Kuno berarti “Good Luck”. Lambang ini merupakan lambang tertua yang sudah ada sejak  150 SM.


Di dalam tato yang indah ini terdapat  4 elemen yaitu “Earth” untuk warna hijau, “Water” berwarna biru, “Air” berwarna orange, dan “Fire” berwarna merah. Setiap elemen ini memiliki bentuk segitiga dan warna tertentu serta merupakan hasil dari budaya Pagan.  Keempat elemen ini mewakili semua yang ada di dunia ini. Tetapi keempat elemen ini dikatakan musyrik dan penganut Wicca/Pagan menyembahnya sebagi bagian dari perayaan dan ritual mereka.

Merupakan tato perlindungan yang disebut Vegvísir, atau Rune Compass.  Simbol ini berasal dari bangsa Nordic atau penduduk lokal Islandia. Dalam bahasa Islandia Vegvísirsecara harfiah berarti 'tonggak' atau 'tanda arah' yang mungkin berfungsi membantu atau membimbing pemakainya ke jalan tertentu atau arah dalam hidup mereka.

Ini adalah Othala Rune, yang berarti homelandatau 'tanah air'. Simbol ini dipakai untuk memberi penghormatan kepada leluhur atau sesuatu yang telah diwarisi.
The 'Thurisaz' Rune, juga dikenal sebagai 'Thor' atau 'Thorn', yang bermakna  perlawanan, kekuasaan, kekuatan dan kekuatan.

Sebuah tato Triskele merupakan peninggalan dari budaya Celtic dan Pra-Celtic. Gambar  Tiga spiral dalam tato ini memiliki banyak arti yang berbeda. Tetapi biasanya bermakan kehidupan, kematian dan kelahiran.

Tato di sebelah kiri adalah Mannaz yang berarti manusia atau kehidupan. Sementara yang di sebelah bernama  Algiz yang  mewakili alam semesta, atau matahari.


Sumber: