Indeks Artikel

Tag Terpopuler

Peradaban Hohokam: Peradaban Kuno Indian di Arizona - Amerika

Senin, April 25, 2016 05:46 WIB
Peradaban Hohokam

Jauh sebelum bangsa Barat datang untuk pertama kali ke Tuscon Basin (sebuah area lembah di Arizona, Amerika Serikat), sekelompok orang Indian dengan menetap di tempat tersebut  dengan cara yang khas. Tempat tersebut sekarang dikenal sebagai Hohokam atau ho-ho-kam. Orang-orang Indian ini membangun desa di dekat sungai untuk bertani. Mereka tinggal di lembah ini pada 300 M-1500 M. Meskipun demikian, migrasi Hohokam ke Arizona telah dimulai 300 SM, Baru pada sekitar tahun 200 M, beberapa keluarga Hohokam rupanya pindah ke Tucson Basin dan membangun rumah mereka di sepanjang Sungai Santa Cruz dan Rillito. Di desa ini menjadi awal kehidupan baru.
Peta Peradaban Hohokam

Para penduudk desa Tuscon Basin adalah bagian dari peradaban Hohokam yang lebih besar, dimana peradaban ini hidup di Gurun Sonora, Arizona Selatan. Mereka pandai untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan gurun dengan membuat pertanian di sepanjang saluran air dan berburu di padang pasir dan pegungungan.
Tuscon Basin bukanlah menjadi tempat Hohokan untuk tinggal pertama kalinya. Selama zaman Es, nenek moyang mereka berigrasi dari Siberia melintasi Selat Bering ke Alaska. Pada masa Paleo Indian ini mereka berusaha sekeras mungkin untuk dapat hidup di Amerika Utara.
Pada 9500 SM, para pemburu Indian berburu hingga ke Arizona Selatan, dimana mereka mememukan padang rumput dan padang pasir di tempat ini. Mammoth di padang rumput ini diburu oleh orang Indian. Pemburu menjebak Mammoth di sepanjang sungai dan danau, kemudian dibunuh dengan tombak. Kemudian dagingnya akan digunakan sebagai bahan pangan. Meskipun dikenal sebgai pemburu Mammoth yang handal, orang indian pada masa Paleo Indian juga memburu hewan lain, termasuk bison.
Berakhirnya zaman Es membuat perubahan iklim menjadi hangat. Keadaan ini juga berdampat hilangnya mammoth, kuda, dan unta di Amerika Utara. Oleh karena mamoth yang dapat ditemukan semakin sedikit setiap tahunnya, maka orang Indian ini mulai mencari alternatif pangan lainnya. Akhirnya mereka menemukan berbagai jenis makanan nabati serta menemukan gizi dari gulma dan benih rumput yang kemudian dijadikan tepung untuk membuat roti dan gruels.

Di Tuscon Basin, Hohokam mulai membangun rumah-rumah mereka serta berdagang kulit kerang.  Mereka mulai membuat gerabah dan menggali parit untuk mengairi lahan pertaniannya yang berisi jagung, kacang, labu, dan kapas.
Setelah Masehi 1100  M, pengaruh dari peradaban Hohokam mulai berkurang, selain itu ikatan budaya yang semakian kuat dengan orang Mogollon di utara dan timur, sehingga campuran Hohokam dan Mogollon menjadi ciri khas di Tucson Basin. Sekitar Masehi 1250 M, penduduk desa mulai membangun rumah adobe berdinding, dan mendesain tembikar baru Hohokam.
Grafiti Peninggalan Hohokam