Indeks Artikel

Bangsa Jerman Kuno

Jumat, Juni 03, 2016 20:13 WIB

Siapakah orang Jerman itu? Darimanakah mereka berasal?. Asal usul dan sejarah suku – suku Jermanikbagaikan hilang terhapus pasir waktu. Hanya ada sedikit pengetahuan tentang mereka yang hanya didasarkan pada bukti - bukti linguistik. Bahasa Jerman mirip atau satu family dengan bahasa  Indo-Eropa dan Eurasia dari Irlandia. Sementara itu asal bahasa Indo-Eropa diyakini dari wilayah antara Laut Hitam dan Laut Kaspia. Ada pula pendapat yang menyatakan bahwa suku Jermanik merupakan pecahan dari bangsa Baltik, Celtic, dan Slavia. Oleh karena itu di dalam suku Jermanik juga terdiri dari berbagai suku. Bagaimana hal ini bisa terjadi.
Pada sekitar 500 SM suku - suku Jermanik menduduki wilyah pantai selatan Baltik dan Skandinavia selatan. Beberapa dari suku-suku Jermanik bermigrasi dan mendirikan pemerintahan di wilayah - wilayah baru.  Suku dari Skandinavia, yang dikenal sebagai bangsa Goth, bermigrasi dari tenggara ke daerah utara Laut Hitam. Kemudian mereka dibagi menjadi Ostrogoth dan Visigoth dan menaklukkan daerah di pantai utara Laut Mediterania hingga semenanjung barat Iberia. Catatan tertulis pertama dari suku-suku Jermanik berasal dari Tacitus, sejarawan Romawi yang tertanggal 98 SM. Suku - suku Jerman ini mulai pindah ke daerah yang sekarang disebut Jerman barat daya sekitar periode yang sama ketika orang - orang Romawi menaklukkan Gaul.
Julius Caesar yang berhasil mengalahkan suku Suevian pada 70 SM menjadikan Sungai Rhine sebagai batas antara Roma dan wilayah Jerman. Romawi yang memang memilki latar belakan militer membuatnya suka berperang dan ingin menaklukkan wilayah lain. Oleh karena itu Kaisar Romawi meminta, Gubenur Varus yang memipin di wilayah perbatasan untuk menyerang wilayah luar Sungai Rhine alias daerah milik suku Jerman. Pada tahun 9 M, terjadi pertempuran antara kedua bangsa ini di Hutan Teutoburg. Romawi mengalami kelahan dalam pertempuran ini. Hal ini terjadi karena pemimpin Jerman saat itu pernah menerima atau mengikuti pelatihan militer Romawi.

Kemenangan Jerman ini menjadi tanda kebebasan suku Jerman dari kontrol dan dominasi oleh orang Romawi. Meskipun kemudian Roma kemudian berhasil menaklukkan beberapa wilayah di luar Rhine dan Danube. Kemudian kaum Frank (salah satu suku yang termasuk ke dalam suku Jermanik) bergerak ke barat dan menaklukkan “Tanah Rendah” dan daerah Gaul milik Romawi serta mengganti nama tempat itu sebagai Perancis.  Sementara ssalah satu bagian uku Jermanik yang lain yang dikenal sebagai Lombardia (cirinya berjenggot panjang), menyerbu dan menaklukkan apa yang sekarang disebut Italia utara.

Suku Jermanik yang lain yaitu Burgundi yang berasal dari wilayah Pulau Baltik Bornholm pindah ke selatan dan  akhirnya mendirikan Kerajaan Burgundy yang sekarang disebut tenggara Perancis. Suku Jermanik juga menginvasi wilayah Prussia, orang - orang Slavia, dan menaklukkan mereka sehingga secara menyeluruh wilayah Prusia diidentifikasi menjadi bagian dari bangsa Jermanik. Tetapi bangsa Slavia ini dapat mempertahankan identitas linguistik dan budaya mereka, sementara suku Jermanik yang menjadi pengusa berasimilasi ke dalam budaya dari daerah yang mereka taklukkan.