Indeks Artikel

Ini 5 Jenis Penghapus Legendaris yang Kini Keberadaannya Mustahil Ditemukan

Minggu, April 02, 2017 23:49 WIB
Beda penghapus, beda juga fungsinya

Angkatan 90-an dan 2000-an pastinya merasakan tren unik di sekolah yang berkembang pada zamannya. Ada yang mengoleksi binder, saling tukar biodata hingga isu pulpen narkoba. Ya, buat mengingatnya saja bisa membuat kita senyum-senyum sendiri. Dan benar, peristiwa-peristiwa seperti itu jarang terulang.


Bicara mengenai tren 90-an, kamu pasti ingat mengenai banyaknya jenis penghapus pada masa itu. Berbeda jenis bentuk, beda pula fungsi penggunaannya. Ulasan berikut akan mengingatkan kamu pada penghapus-penghapus legendaris yang sempat menemani masa sekolah dulu.

Penghapus yang diyakini menghapus pulpen

Kalau yang satu ini sangat legendaris untuk angkatan 90-an. Penghapus yang memiliki dua sisi ini, dipercaya salah satu sisinya dapat menghapus coretan pulpen. Namun setelah dicoba, bukan hanya tinta pulpennya saja yang hilang, kertasnya juga ikut juga robek. Mungkin itulah kebodohan kita di masa SD. Entah dari mana mitos tersebut, karena fungsi utama dari bagian kasar penghapus ini sama sekali berbeda dari kita bayangkan.

Bagian kasar tersebut ternyata berguna untuk menghapus coretan pensil di permukaan yang kasar. Logikanya, kalau menggunakan bagian yang merah atau bagian halus untuk menghapus coretan di kertas di bidang yang sulit, maka kita akan membutuhkan waktu dan energi yang banyak. Sedangkan bila kita menggunakan bagian biru atau kasar, maka akan lebih mudah menghilangkan coretan. Jadi mulai sekarang jangan percaya dengan mitos penghapus pulpen.

Penghapus karet yang portable

Penghapus yang satu ini sangat praktis digunakan. Pasalnya kita bisa dengan mudah mencopot dan memasangkan lagi sesuai dengan kehendak. Namun resikonya, sering terjadi kasus penghapus portable ini hilang entah kemana. Penghapus ini biasanya terpasang di bagian ujung sebuah pensil. Tapi kamu mungkin masih ingat kalau penghapus ini tidak bisa digunakan untuk menghapus pensil yang tebal. Bukannya bersih malah kotor kertasnya.

Kalau zaman SD sering terjadi pertengkaran di kelas karena masalah penghapus ini, karena bentuknya yang sama semua dan satu kelas banyak yang memiliki. Kalau satu hilang langsung tuduh teman lain yang mencuri.

Penghapus dengan wangi penggoda

Biasanya yang memiliki penghapus ini adalah para perempuan. Penghapus ini memiliki banyak varian bentuk, ada yang kotak biasa ada pula yang berbentuk buah-buahan. Kelebihan dari penghapus ini selain bentuk yang menarik, dia juga mengeluarkan bau yang harum.

Banyak orang yang sangat sayang sekali menggunakan penghapus ini karena takut wanginya hilang. Terus kalau tidak digunakan menghapus, mau buat apa?

Penghapus Standart Internasional

Kalau yang ini benar-benar populer di zaman SD. Pasalnya penghapus ini mempunyai bentuk bendera-bendera negara di bagian tengahnya. Sebenarnya bukan dari buku pelajaran lah anak-anak SD zaman dahulu belajar mengenai bendara di dunia, namun dari penghapus yang satu ini.

Biasanya, dengan menutupi nama negara, saling tebak asal bendera menjadi suatu hal yang umum. Selain itu penghapus yang satu ini memiliki harga yang sangat merakyat untuk kategori anak SD.

Penghapus Gawat Darurat

Sebenarnya ini bukanlah sebuah penghapus namun karet gelang biasa. Meskipun remeh, namun pernah menyelamatkan masa sekolah kita dulu. Mungkin karena penghapusnya hilang atau lupa beli, cuma karet gelang yang menjadi opsi terakhir.

Tidak sedikit yang menggunakan cara emergency ini, tinggal melilitkan karet gelang berkali-kali pada pensil, langsung jadilah penghapus instan. Namun jelas kualitasnya jauh dari penghapus yang asli alias masih banyak kotor.
Penghapus-penghapus legendaris itu pernah mengisi masa kecil kita, terutama angakatan 90-an. Banyak sekali ternyata hal-hal konyol yang dapat dilakukan dengan penghapus itu. Namun sekarang, mereka sudah jarang ditemui dan telah digantikan penghapus berstandar. Tapi mengingat mereka pernah menemani kita saja, bisa membuat kita tersenyum. Domino QQ