Indeks Artikel

20 Fakta Mengejutkan Tentang Orang Bertangan Kidal

Sabtu, Juli 29, 2017 12:00 WIB

Kidal adalah suatu kebiasaan pada seseorang yang mendominasikan melakukan suatu hal menggunakan tangan kiri (seperti makan, menulis, bekerja, dll). Dimohon untuk orang yang memang bertangan kidal, jangan tersinggung dengan fakta-fakta berikut ini, karena fakta ini memang diambil dari sumber-sumber tertentu yang mengatakannya (mohon maaf sekali). Berikut adalah fakta yang belum anda ketahui mengenai tangan kidal:

1). Wanita lebih mungkin untuk bertangan kanan (melakukan sesuatu hal dengan tangan kanan) dibandingkan dengan laki-laki sekitar 4%.

2). Sekitar 10-12% orang di dunia ini bertangan kidal.

3). Dalam sejarah zaman dahulu, orang-orang banyak yang mengira orang bertangan kidal itu aneh, diantaranya ada yang bilang: kebiasaan buruk, tanda diikuti setan, gangguan mental, kriminalitas, dan homoseksualitas.

4). Banyak sumber yang mengatakan bahwa orang bertangan kidal lebih mungkin meninggal 9 tahun lebih awal daripada orang yang bertangan kanan.

5). Tangan kidal lebih banyak terjadi pada anak kembar dibandingkan yang lainnya.

6). Orang yang terkenal bertangan kidal adalah Albert Einstein, Benjamin Franklin, Charles Darwin, dan Isaac Newton.

7). Ibu yang berumur diatas 40 tahun lebih mungkin melahirkan bayi kidal 128% daripada seorang wanita berumur 20 tahunan.

8). Dalam kepercayaan orang Eskimo, setiap orang bertangan kidal dianggap sebagai penyihir yang berpotensi.

9). Di Maroko, orang bertangan kidal dianggap sebagai orang yang terkutuk.

10). Ibu yang stress lebih mungkin untuk melahirkan anak bertangan kidal.

11). Tangan kanan disebutkan 100 kali secara positif dalam alkitab, sementara tangan kidal disebutkan hanya 25 kali dan semuanya negatif.

12). Dalam Islam, orang-orang dilarang memakan dengan tangan kiri dikarenakan najis, karena tangan kiri digunakan untuk membersihkan tubuh setelah buang air besar.

13). Mungkin hanya mitos, orang orang mengatakan bahwa jika tangan kiri anda gatal maka anda akan kehilangan uang, dan jika tangan kanan anda gatal itu menunjukkan anda akan menerima uang.

14). Peningkatan kadar testosteron dalam tubuh terbukti meningkatkan kemungkinan seseorang menjadi bertangan kidal.

15). Gen LRRTM1 adalah faktor genetik yang kuat dalam orang yang bertangan kidal.

16). 13 Agustus adalah hari kidal.

17). Orang bertangan kidal lebih mungkin terkena disleksia (gangguan kemampuan membaca dan menulis) dan gagap.

18). Orang bertangan kidal lebih mungkin bisa melakukan hal secara multitasker.

19). Studi menunjukkan bahwa bayi prematur lebih mungkin untuk bertangan kidal.

20). Kurang dari 1% dari populasi penduduk di dunia yang dianggap benar-benar bisa "Ambidextrous" (yaitu bisa menggunakan kedua tangan secara bersamaan).

Itulah fakta-fakta tentang orang bertangan kidal, mohon maaf sekali bila ada kata-kata yang membuat anda tersinggung mohon dimaafkan. Terimakasih sampai jumpa.