Indeks Artikel

5 Fitur Baru Di Android 5.0 Lollipop

Senin, Oktober 20, 2014 10:05 WIB
Fitur Baru Di Android 5.0 Lollipop

Dodkop.blogspot.com - Akhirnya secara resmi Google memperkenalkan sistem operasi Android versi 5.0 Lollipop dan sudah mulai bisa digunakan di perangkat Nexus serta perangkat lain berbasis Google Play Edition. Android 5.0 Lollipop atau yang lebih terkenal dengan sebutan Android L ini membawakan fitur-fitur baru  yang ditujukan untuk kenyamanan pengguna.

Tak hanya itu, Google juga memberikan kemampuan integrasi antar perangkat seperti smartphone, tablet dan smartwatch yang lebih baik di Lollipop. Di Lollipop sendiri , Google menawarkan perubahan visual yang sangat signifikan dibandingan Android versi 4.0 Ice Cream Sandwich (ICS) yang dirilis pada tahun 2011 silam. Lalu, apa saja kelebihan fitur baru Android Lollipop?


Berikut adalah 5 Fitur Baru Di Android 5.0 Lollipop :


1. Desain Yang Baru

Fitur Baru Di Android 5.0 Lollipop
 
Desain baru yang kini ada di Android 5.0 Lollipop ini disebut dengan Material Design yang tampil lebih berwarna  serta responsif. Contoh nyata tampilan Material Design yang sudah dapat Anda lihat pada aplikasi versi terbaru Google Play Store, Google Chrome, Google Play Newsstand, dan Google Drive yang sudah ada di perangkat Android Anda.

Walaupun berubah tampilannya dijamin Anda tak akan kesulitan menggunakan Android Lollipop karena elemen elemen yang ada masih akrab dengan pengguna, serta warna baru yang lebih jelas, typography akan membuat Anda lebih fokus.


2. Notifikasi

Fitur Baru Di Android 5.0 Lollipop
 
Melalui Android 5.0 Lollipop, Google memberikan system notifikasi baru yang disebut notifikasi heads up, dengan notifikasi ini Anda tak akan merasa terganggu lagi serta bisa mengatur apakah notifikasi akan ditampilkan atau tidak.

Fitur notifikasi ini telah diperbaharui yang menjadi semakin baik dan mudah digunakan. Lalu,Lock Screen terbaru dengan tambahan navigasi notifikasi yang bisa digunakan untuk membuka notif atau menghapusnya.


3. Hemat Baterai

Fitur Baru Di Android 5.0 Lollipop

Fitur penghematan baterai ini akan mendapatkan umur baterai yang lebih panjang yaitu sekitar 90 menit, tetapi tetap hasil ini akan bergantung pada perangkat Android masing-masing. Lalu tersedia juga notifikasi khusus tentang berapa lama waktu daya tahan baterai yang tersisa serta berapa lama waktu untuk mengisi ulang daya baterai hingga full. Keren!


4. Keamanan

Fitur Baru Di Android 5.0 Lollipop
 
Di android, faktor keamanan menjadi hal yang penting bagi para pecinta smartphone. Apalagi di Android 5.0 Lollipop terdapat fitur bernama Factory Reset Protection yang dapat diaktifkan.

Jika Anda ingin melakukan factory reset di smartphone android, Anda akan memerlukan sebuah password yang sebelumnya telah ditetapkan, data akan secara otomatis di enkripsi untuk melindungi ketika terjadi kehilangan atau pencurian smartphone. SELinux juga dipasang untuk mencegah serangan dan malware yang ingin merusak system.


5. Era Komputasi 64-bit

Fitur Baru Di Android 5.0 Lollipop
 
Untuk pertama kalinya, Android 5.0 Lollipop adalah OS Android yang sudah dioptimalkan untuk arsitektur 64-bit, yang bisa digunakan di smartphone dan tablet. Dengan bantuan sistem runtime ART, kini semua aplikasi Anda dapat berjalan dalam arsitektur 64-bit yang membuka kemungkinan yang lebih luas. Bahkan, yang nyata sistem operasi mobile di masa depan dapat menggantikan sistem operasi desktop Anda. Cool!
 

Sumber : sooperboy.com