banner here

Piramida Cahuachi: Kota Suci Bangsa Inca Kuno

- August 22, 2015
advertise here
Piramida Cahuachi
Cahuachi terletak 30 km atau 19 mil sebelah barat dari Kota Inca. Daerah Cahuachi juga terkenal dengan komplek Piramida yang dibangun oleh bangsa Inca. Komplek Piramida memiliki “patio” (semacam teras luar) serta teras kamar yang luas. Di atas candi utama terdapat kamar besar dengan puluhan kolom. Piramida ini mulai ditinggalkan pada abad ke-5 dan 6 M.

Piramida Cahuachi merupakan tempat pusat upacara bagi bangsa Inca. Periode peradaban bangsa Inca terjadi pada 300 SM- 900M, meskipun demikian Piramida Cahuaci mulai digunakan sebagai tempat upacara selama kurun waktu 100 M-500 M. Tempat ini merupakan salah satu peradaban Andes yang terkenal masa pra-Columbus. Peradaban ini terkenal di seluruh dunia sebagai penghasil tembikar halus dan peninggalan garis dan angka misterius di dataran Palpa dan San Jose. Budaya mereka pertama kali berkembang di Lembah Rio Grande, sekitar 400 km sebelah selatan dari Kota Lima. Luas kompleks Piramida Cahuachi ini lebih dari 150 ha dengan lingkungan bukit gersang dan bukit pasir.
Peta Wilayah Penyebaran Bangsa Inca di Andes
Bangsa Inca kuno membangun kuil piramida mereka dengan struktur terasering di atas  bukit pasir fosil. Jika melihat arsitekturnya, jalan-jalan, dan alun-alun kecil yang dimilikinya, maka kompleks piramida ini seperti situs kota kuno pada umumnya. Namun, semuanya itu merupakan kamuflase, karena Cahuaci adalah pusat upacara yang suci dan tujuan ziarah bagi bangsa Inca.
Setiap komunitas yang ikut serta berpartisipasi dalam upacara di Cahuachi maka mereka akan bernyanyi, menari, dan melakukan perjamuan, sehingga dapat menjelaskan mengapa di Cahuachi hanya ada sedikit sampah, sementara barang-barang peresembahan banyak ditinggalkan, seperti seruling, drum musik, ilama, marmut, terkstil halus, kuburan manusia, dan tembikar yang mewakili dewa.
Situs ini mulai digali dan dipelajari kembali untuk pertama kalinya pada tahun 1950 oleh seorang arkeolog Italia bernama Giuseppe Orefici. Ia bekerja di lokasi ini hingga awal tahun 1970-an. Setiap tahunnya ia akan membawa timnya untuk bekerja di tempat ini selama tiga bulan. Menurutnya selam kurun waktu tahun 300 M-350 M, terjadi dua bencana besar di wilayah ini yaitu banjir besar dan gempa bumi yang mengakibatkan piramida terbagi dua dan ditemukan mayat yang jatuh ke dinding bawah.
Sisa Tulang Manusia Yang Tersebar di Cahuachi
"Apa yang terjadi di Cahuachi Antara 300 dan 350 AD ada dua bencana alam Besar, banjir sangat kuat -?. Kami telah menemukan bukti di semua penggalian -. Dan gempa bumi, gempa bumi yang membagi candi di dua Kami juga menemukan mayat di bawah dinding jatuh. Semenjak itu bangsa Inca mulai kehilangan kekuatannya, sehingga beberapa dewa atau pusat upacara mulai ditinggalakan. Tetapi karena tempat tersebut merupakan tempat suci, maka sebelum pergi mereka menyegel tempat ini.

Sumber:


Advertisement advertise here
 
banner here