Indeks Artikel

7 Hantu Paling Populer Di Filipina

Rabu, September 25, 2013 11:00 WIB

7 Hantu Paling Populer Di Filipina


7 Hantu Paling Populer Di Filipina -Seperti halnya di indonesia seperti yang saya pernah postingan sebelumnya tentang hantu paling populer di indonesia, Filipina juga dikenal luas dengan urban legendnya yang beragam dan budaya mistis yang masih kental di masyarakat. Urban legend sendiri menjadi bagian dari budaya yang tak bisa dipisahkan dari masyarakat karena sebagian besar kisah itu mengandung unsur-unsur budaya setempat. Berikut adalah 7 Hantu Paling Populer Di Filipina,  Yuk simak bersama!

1. Aswang

Aswang

Aswang (atau Asuwang) adalah makhluk mitologi menyerupai vampir yang ada dalam cerita rakyat Filipina. Penjajah Spanyol mencatat bahwa Aswang adalah yang paling ditakuti di antara makhluk mitologi lainnya di Filipina, terutama di abad ke-16. Mitos tentang aswang telah menyebar di seluruh Filipina, kecuali di wilayah Ilocos, yang merupakan satu-satunya wilayah yang tidak memiliki mitos yang sama. Urban legend ini terutama populer di daerah seperti Capiz, Iloilo, Negros, Bohol, Masbate, Aklan, Antik dan Siquijor.

2. Matruculan

Matruculan

Matruculan adalah salah satu dari makhluk mitologi dalam cerita rakyat Filipina, yang digambarkan suka menyerang ibu hamil. Konon Matruculan senang menghamili seorang gadis perawan, sebelum kembali untuk membunuh wanita itu dan memakan janinnya (meskipun beberapa cerita mengatakan bahwa baik ibu dan bayi, keduanya akan dimakan). Untuk melindungi ibu dan janinnya, seorang suami harus mengayunkan balisong atau pisau kupu-kupu, di atas perut wanita sementara dia dalam persalinan.

3. Kapre

Kapre

Kapre adalah raksasa berbulu dengan mata bersinar dan digambarkan senang mengisap cerutu. Makhluk ini biasanya ditemukan duduk di atas pohon menunggu malam tiba untuk menakut-nakuti anak-anak nakal yang berada di luar rumah ketika larut malam. Kapre tidak mencuri janin, makan orang atau memotong manusia. Dia hanya ingin menakut-nakuti anak-anak dan kemudian menertawakan mereka yang takut padanya. Beberapa cerita mengklaim bahwa kapre tergolong makhluk yang ramah.

4. Duwende

Duwende

Duwende adalah makhluk kecil yang dapat memberikan nasib baik atau nasib buruk kepada manusia. Di Filipina, duwende sering tinggal di rumah, di pohon-pohon, tanah, gundukan atau bukit, dan di daerah pedesaan. Mereka dikenal baik dan nakal, tergantung pada bagaimana pemilik rumah memperlakukan mereka. Mereka biasanya keluar pukul 12 siang selama satu jam dan pada malam hari.

5. Tiyanak

Tiyanak

Tiyanak atau juga dikenal sebagai tianak, merupakan sosok vampir dalam mitologi Filipina. Makhluk penghisap darah ini memiliki wujud menyerupai bayi baru lahir atau anak kecil. Tiyanak akan menyamar menjadi bayi dan menangis untuk menarik perhatian manusia. Ketika seorang manusia mendekatinya, dia akan berubah ke wujud aslinya dan mengisap darah orang tersebut. Konon tiyanak juga senang menyerang wisatawan yang tersesat, atau menculik anak-anak.

6. Sigbin

Sigbin

Sigbin atau Sigben adalah makhluk dalam mitologi Filipina. Konon makhluk ini suka keluar di malam hari untuk mengisap darah korban. Sigbin digambarkan berjalan mundur dengan kepala di antara kedua kakinya, dan memiliki kemampuan untuk menyamar, terutama menjadi manusia. Sigbin menyerupai seekor kambing tanpa tanduk, tetapi memiliki telinga yang sangat besar yang dapat bertepuk seperti sepasang tangan dan ekor fleksibel yang dapat digunakan sebagai cambuk. Sigbin konon juga memancarkan bau busuk yang menyengat.

7. Tikbalang

Tikbalang

Tikbalang (juga ditulis Tigbalang, Tigbalan, atau Tikbalan) adalah makhluk mitologi dalam cerita rakyat Filipina. Konon makhluk ini senang tinggal di pegunungan dan hutan di Filipina. Tikbalang digambarkan memiliki tubuh tinggi dan kekar seperti manusia dengan tungkai panjang. Ia memiliki kepala dan kaki binatang, terutama tubuh kuda. Tikbalang kadang-kadang diyakini sebagai transformasi dari janin yang digugurkan.

Nah, itulah 7 Hantu Paling Populer Di Filipina semoga menambah wawasan anda dan baca juga 4 hantu paling terkenal di jepang