Indeks Artikel

5 Ikan Peninggalan Zaman Dinosaurus yang Masih Ada Sampai Sekarang

Senin, Maret 20, 2017 23:41 WIB

Dari berbagai teori yang ada tentang punahnya dinosaurus, yang paling terkenal dan diklaim masuk akal adalah gara-gara hujan meteor. Bencana ini diketahui menghabiskan seluruh populasi dinosaurus di muka Bumi. Secara teoritis, hal ini memang logis. Namun, tidak benar kalau bencana ini dianggap menghancurkan semua spesies dinosaurus saat itu.


Seperti yang kita tahu, ada dinosaurus yang berhabitat di darat dan juga di air. Nah, jika bencana meteor ini terjadi, maka kebanyakan yang bermukim di perairan akan selamat. Pasalnya, air akan menghambat laju dan panas meteor. Setidaknya masih cukup waktu bagi spesies yang ada di dalamnya untuk menyelamatkan diri. Teori ini pun makin masuk akal ketika ternyata ada beberapa hewan prasejarah yang benar selamat dan bisa kita saksikan sekarang ini.
Nah, kali ini kita akan membahas tentang hewan-hewan perairan yang berusia sangat tua. Mereka satu masa dengan para dinosaurus namun berhasil selamat hingga sekarang. Hewan apa sajakah yang dimaksud? Berikut ulasannya.

1. Hiu Rumbai

Meskipun menyandang nama Hiu, namun Hiu Rumbai ini bentuknya cukup berbeda dengan hiu yang sekarang ini. Hal tersebut terlihat dari bentuk kepala dan badannya serta rumbainya yang khas itu. Namun demikian, dipercaya jika Hiu Rumbai adalah bentuk primitif dari hiu modern.
Hiu prasejarah ini masih hidup sampai saat ini. Hanya saja mereka jarang menampakkan diri [Image Source]

Hiu Rumbai ini hidup di laut dalam dan sangat jarang terlihat oleh manusia. Hiu primitif ini memiliki panjang hampir 2 meter dengan ukuran betina yang lebih besar dari pejantan. Makanan utama mereka adalah cumi laut dalam. Diketahui, Hiu Rumbai hidup bersama dengan para dino pada masa Cretacius.

2. Sturgeon

Bentuknya sangat unik dan khas masa Jurrasic membuat para peneliti seketika menyimpulkan jika Sturgeon memang ada di waktu itu. Lalu kemudian bukti-bukti dikumpulkan dan hasilnya ternyata benar demikian. Jadi, bisa disimpulkan jika Sturgeon yang kita lihat sekarang, adalah ikan yang sama di masa dinosaurus.
Dari bentuknya saja sudah kelihatan jika Sturgeon bukan ikan modern, setelah diteliti memang demikian adanya [Image Source]

Tidak seperti Hiu Rumbai yang kemungkinan jumlahnya sangat sedikit, Sturgeon lumayan banyak. Namun kini spesies ini terancam punah gara-gara eksploitasi berlebihan. Sturgeon sendiri memang andalan para angler untuk mendapatkan sensasi mancing luar biasa. Ikan unik ini sendiri mampu tumbuh hingga 6 meter. Sturgeon sama sekali tidak berbahaya, namun akan menyerang jika merasa terancam.

3. Arapaima

Melihat bentuk dan ukurannya, ikan ini memang lain. Hingga akhirnya diteliti dan ditarik kesimpulan jika Arapaima memang spesies yang berhasil bertahan sejak masa dinosaurus. Araipama banyak ditemukan di sungai Amazon dan menjadi ikan air tawar paling panjang di dunia dengan rata-rata panjang tubuh mencapai 4,5 meter.
Si raksasa perairan Amazon ini mulai banyak berkurang jumlahnya dan masuk dalam hewan yang terancam punah [Image Source]

Di habitat aslinya ikan dengan gerakan lemah gemulai ini memangsa hampir apa pun yang bisa. Mulai ikan kecil sampai mamalia apa pun asal muat dengan lebar mulutnya. Meskipun kesannya seram apalagi datang dari zaman dinosaurus, namun ikan ini sama sekali tidak berbahaya bagi manusia. Malah kebanyakan manusia sendiri yang mengekspliotasi ikan ini berlebihan. Mulai untuk dikonsumsi, sampai dijadikan koleksi.

4. Sawfish

Jika dibandingkan dengan ikan laut yang lain, Sawfish atau ikan gergaji ini memang tak lazim. Utamanya dari bentuk mulut seperti gergaji yang mungkin tidak kamu temukan di jenis ikan lain. Ya, setelah ditelusuri jejaknya, maka makin jelas jika ikan ini memang adalah sisa makhluk purba yang berhasil hidup.
Saudara dekat ikan pari ini ternyata juga hidup di masa yang sama dengan dinosaurus [Image Source]

Sawfish adalah saudara dekat ikan pari, tak hanya karena bentuknya yang hampir mirip tapi karakteristik keduanya juga sama. Kurang soal penglihatan namun mematikan jika dilihat dari kemampuan sensorik mereka. Sawfish sendiri diketahui berasal dari masa Crestacius. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya fosil Sawfish yang ada di gigi Spinosaurus.

5. Coelacanth

Membahas tentang ikan purba, maka tidak akan pernah lengkap jika tidak mengikutsertakan Coelacanth di dalam daftarnya. Yup, ikan ini memang sangat tua bahkan dijuluki dengan ikan fosil hidup. Coelacanth masuk ke dalam binatang golongan Lazarus Taxon, artinya hewan yang dinyatakan punah tapi ternyata masih hidup. Ikan ini sendiri pertama kali ditemukan di Afrika Selatan pada tahun 1938 lalu di Indonesia pada tahun 1999.
Ikan ini pernah dikatakan punah, namun akhirnya berhasil ditemukan masih dalam keadaan hidup [Image Source]

Ikan ini bisa tumbuh hingga 2 meter dengan memakan apa pun yang bisa dilahapnya. Mulai dari ikan kecil, sampai hiu. Meskipun keberadaan Coelacanth ini aman dalam arti kata tidak diburu manusia, namun diperkirakan jumlahnya sudah mencapai angka yang kritis. Alhasil, ikan predator laut dalam tersebut masuk dalam hewan yang terancam punah.
Meskipun kita dibikin kagum dengan bentuk-bentuk dinosaurus yang besar itu, mungkin akan jadi hal yang buruk jika mereka masih hidup sekarang ini. Mungkin malah manusia sendiri yang akan punah gara-gara dimangsa. Untungnya takdir berkata lain dengan hanya disisakannya hewan-hewan prasejarah yang berupa ikan-ikan purba ini. Sebenarnya tidak hanya deretan ikan ini saja yang merupakan hewan pra sejarah yang masih hidup sampai sekarang. Masih ingat Lochness? Hewan air satu ini juga diperkirakan masih ada, walaupun teori dan bukti keberadaannya masih terus dipertanyakan hingga kini. Domino QQ